[Obrolan Emak] Anak panik? anak g sabar?

[10/02 07:12] ‪Mariana: Pagi buibu. Mau tanya dong. Sy bener2 ga ngerti sama anak sy usia 5 tahun. Kalau ada apa2 nangis. Ga bisa ngerjain sesuatu, nangis. Takut terlambat, nangis. Kalau ada keinginan, ga cepet diturutin, nangis. Respon sy, membiarkan dia menuntaskan dulu semuanya sendiri. Sampai bener2 udah waktunya, baru sy bantu. Misal, waktunya adzan. Kalau ga buru2 ke mesjid, dia nangis. Kalau pas lagi nunggu solat, pas waktu komat dia kentut, batal wudhunya, dia nangis. Pas waktunya sekolah, kalau ga buru2 pergia sesuai jam pergi yg dia inginkan, dia nangis. Padahal ga telat juga. Lagi ngerjain sesuatu, diganggu adiknya, dia nangis. Dan pagi ini, mau brenang jam 9, nangisnya dari jam 7. 😪 Sy nangkepnya, qo anak ini panikan, ga sabaran.

[10/02 07:21] Eva : Hadapi dengan senyuman Mba

[10/02 07:24] risfi: Mungkin ada triggernya, mba. Apa ada org dewasa di sekitarnya yg suka minta dia utk kerjakan sesuatu dg cara yg ga enakin? Atau suka diburu2? Jd anak secara ga sadar ketakutan klo dia ga bs memenuhi standar itu..

[10/02 07:26] ‪Mariana: Sy heran. Padahal sy santai orangnya.

[10/02 07:27] ‪Mariana:
[10/02 07:21] Eva : Hadapi dengan senyuman Mba
Hehe, selama ini ya gitu. Nanya, kenapa? santai aja, ga akan ditinggalin qo. Ga akan terlambat, kan masuknya jam sekian.

[10/02 07:27] risfi: Bisa jd bukan mba. Ada org dewasa lain. Guru, kakek, nenek atau siapa yg sering berinteraksi sm anak

[10/02 07:29] ‪Mariana: hemh, sy sendiri disini. Hanya sy dan anak2 di rumah. Interaksi paling banyak, dengan sy. Ada anak yg dari lahir perfeksionis ga sih?

[10/02 07:31] risfi: Anak aku begitu, mba. Panik. Krn dulu cara komunikasiku salah. Terkesan mendikte.

[10/02 07:31] risfi: Skrg juga blm bener. Tp lg belajar buat kurang2in dikit.

[10/02 07:31] ‪Mariana: Maksudnya mendikte gimana mbak risfi.?

[10/02 07:31] ‪Mariana: contohnya.

anak-rewel[10/02 07:31] Ajeng: Kata2nya

[10/02 07:32] Ajeng: ?

[10/02 07:32] risfi: “Gege itu klo pake sepatu yg kanan dulu. Inget kan? Udh dikasih tau berkali2 lho.”

[10/02 07:32] risfi: Dengan nada yg ga enakin pula.

[10/02 07:33] risfi: Skrg sih berusaha keras diubah. Pilih kata yg tepat dan nada yg pas.

[10/02 07:34] risfi: “ooow, itu pakai sepatunya kaki apa? Harusnya kaki yg mana dulu ya?” Dengan suara selembut kak ria enes ples senyum pepsoden.

[10/02 07:38] ‪Mariana: Hehehe. oke, dicoba ganti kata2nya.

Tp sy ga gitu sih. Cenderung santai. Apa karena sy terlalu santai di mata anak, anak jadinya gemes sama emaknya sendiri? hehe

[10/02 07:38] risfi: Ini kmrn kejadian di rumah. Gege takut bgt sm kecoak dan remah2 debu di lantai. Lagi asik2 makan dia liat di pojokan meja makan ada hitam2 plus debu yg ngeres2. Tau2 dia teriak takut. Aku ya refleks bilang, ” kamu tuh kenapa sih? Takut apa? Itu ga ada apa2. Masa yg kayak gitu aja takut?”
Ini secara ga sadar aku lg ngejudge anak sendiri. Hasilnya? Dia makin nangis sejadi2nya. Akunya teriak histeris sendirian.🙈🙈🙈
Trus tiba2 sadar. Tarik napas. Anaknya dipeluk sambil ditanya, “mba knp? Memang ada apa di situ? Yuk coba lihat sama2 ada apa di situ. Tuh ga ada apa2 ya? Jd ga usah takut ya, mba.”

Emak tenang, anaknya ikut tenang.

[10/02 07:38] ‪Eva:
[10/02 07:31] risfi: Anak aku begitu, mba. Panik. Krn dulu cara komunikasiku salah. Terkesan mendikte.
Oiya.. bisa jd itu… jd inget kemarin ikut kajian ttg komunikasi dg anak dr tim nya YKBH…

[10/02 07:39] ‪Dinda‬: Anak 5 tahun mah memang masih kecil Mba,, jangan dipaksakan,, coba ditelusuri kenapa dia suka menangisnya,, mungkin dia takut dimarahin atau apa gitu?
Kalau saya tidak terlalu memaksa anak saya utk bisa semua hal,, apalagi beban2 taklif yg belum waktu nya dia pikul.:)
Menjadikan anak rajin dan disiplin itu baik,, tidak perlu disuruh apalagi diwajibkan,, utk anak seusia gitu hanya butuh teladan dari keluarganya,, insyaaAllah dia akan terbiasa sendiri,, selalu ciptakan imaji positif ttg Allah dsbnya insyaaAllah anaknya akan terbiasa melakukan semua hal karena cinta bukan paksaan apalagi takut.

CMIIW

[10/02 07:40] risfi: Klo aku sadar penuh terpengaruh bgt dr akinya Gege. Apa2 maunya buru2 dan harus tuntas. Anak ga boleh cengeng ga boleh nangis. Kudu perfect. Jdnya? Aku panikan. Telat dikit panik. Jalanan lebib macet dr biasa langsung sakit perut.

[10/02 07:45] ‪Mariana:
[10/02 07:38] risfi: Ini kmrn kejadian di rumah. Gege takut bgt sm kecoak dan remah2 debu di lantai. Lagi asik2 makan dia liat di pojokan meja makan ada hitam2 plus debu yg ngeres2. Tau2 dia teriak takut. Aku ya refleks bilang, ” kamu tuh kenapa sih? Takut apa? Itu ga ada apa2. Masa yg kayak gitu aja takut?”
Ini secara ga sadar aku lg ngejudge anak sendiri. Hasilnya? Dia makin nangis sejadi2nya. Akunya teriak histeris sendirian.🙈🙈🙈
Trus tiba2 sadar. Tarik napas. Anaknya dipeluk sambil ditanya, “mba knp? Memang ada apa di situ? Yuk coba lihat sama2 ada apa di situ. Tuh ga ada apa2 ya? Jd ga usah takut ya, mba.”

Emak tenang, anaknya ikut tenang.

Hoo. oke..Tercerahkan. Makasih mbak @risfi .
Sy biasa solat di mesjid. Dan biasa kalau denger adzan langsung wudhu, trus ke mesjid. Begitu sy haid, anak sy uring2an. Karena mungkin hilang kebiasaannya. Akhirnya sy temenin hanya sampai depan mesjid. Keinginan dia sendiri mau solat di mesjid. Bakhan seringnya skr, dia duluan yg ke mesjid. Karena rumah dempetan banget sama mesjid sih. Sy ga maksain, karena target sy nanti usia 7 tahun baru diajarkan solat. Tapi anaknya keburu meniru duluan, harus gimana? dilarang?

[10/02 07:46] ‪Dinda‬: Saya punya anak laki2 usia 4y9m,, setiap mau tidur saya terbiasa membersihkan tempat tidur,, mengambil minum ke kamar,, menyalakan ac lalu mematikan lampu kamar,, sejak 6 bulan lalu pekerjaan ini tsaqif tiru,, saya tdk pernah menyuruhnya sekali pun. Saya nothing to lose melakukannya saja setiap malam.

Alhamdulillah tsaqif sekarang selalu menyiapkan tiga gelas di kamar utk saya,, dia dan ayahnya. Sederhana utk saya tapi sangat bermakna luas.

[10/02 07:51] Marlia‬:
[10/02 07:32] risfi: “Gege itu klo pake sepatu yg kanan dulu. Inget kan? Udh dikasih tau berkali2 lho.”
Ya Allah mba risfi, ini saya banget 😭😭😭

Ga nyadar kalo mba risfi ga bilang.. Harus diperbaiki nih cara komunikasi ke anak 😭😭

[10/02 07:52] ‪Mama Nanik:
[10/02 07:12] ‪Mariana: Pagi buibu. Mau tanya dong. Sy bener2 ga ngerti sama anak sy usia 5 tahun. Kalau ada apa2 nangis. Ga bisa ngerjain sesuatu, nangis. Takut terlambat, nangis. Kalau ada keinginan, ga cepet diturutin, nangis. Respon sy, membiarkan dia menuntaskan dulu semuanya sendiri. Sampai bener2 udah waktunya, baru sy bantu. Misal, waktunya adzan. Kalau ga buru2 ke mesjid, dia nangis. Kalau pas lagi nunggu solat, pas waktu komat dia kentut, batal wudhunya, dia nangis. Pas waktunya sekolah, kalau ga buru2 pergia sesuai jam pergi yg dia inginkan, dia nangis. Padahal ga telat juga. Lagi ngerjain sesuatu, diganggu adiknya, dia nangis. Dan pagi ini, mau brenang jam 9, nangisnya dari jam 7. 😪 Sy nangkepnya, qo anak ini panikan, ga sabaran.
Ini anak saya banget mba, kl sy kayanya karena pas hamil si kk saya melow bgt, trus nurun bgt deh ke si kk, kami sering bilang “tidak perlu menagis, temen yg lain jg blm datang dll” itu kl lg sabar😷
Org2 sekitar anak jg jd tau kl dia melow bgt, sampai kelas 2 suka menangis buat hal2 kecil, bersyukur di sklh ustadzah sm teman2nya gak suka membully, Alhamdulillah skrg kls 3 udah jarang nangisnya

[10/02 07:53] Marlia‬:
[10/02 07:40] risfi: Klo aku sadar penuh terpengaruh bgt dr akinya Gege. Apa2 maunya buru2 dan harus tuntas. Anak ga boleh cengeng ga boleh nangis. Kudu perfect. Jdnya? Aku panikan. Telat dikit panik. Jalanan lebib macet dr biasa langsung sakit perut.

Mungkin ini juga penyebabnya saya gitu ke anak. Mama saya suka mendikte, dan kalo saya nangis bukannya di tenangkan, malah dimarahin. Ga sadar inner child nya keluar pas ngadepin anak 😭😭

[10/02 07:55] risfi: Aku pun, mba. Dan skrg masih tinggal brg. Jd gege dpt dobel, liat aku ya liat akinya. Makanya kami (aku dan paksu) klo udh muncul krisis begini, langsung ngabur ke kamar. Dikunci. Biar kami selesaikan dg cara kami.

[10/02 07:56] Marlia‬: Pantesan akhir2 ini si kakak kalo disuruh setoran hapalan udah berkaca2 dulu matanya, kaya takut salah.. Ternyata secara ga sadar mungkin saya “ga menerima” kesalahan dia yak.. Ya Allah.. Astaghfirulloh.. 😭

Makasih mba risfi udah menyadarkan dan membuka mata.. Bismillah harus bisa berubah.. 💪🏻

[10/02 07:56] risfi: Dulu jaman kecil, klo jatoh bukannya nangis malah khawatir diomelin.

[10/02 07:57] Marlia‬:
[10/02 07:55] risfi: Aku pun, mba. Dan skrg masih tinggal brg. Jd gege dpt dobel, liat aku ya liat akinya. Makanya kami (aku dan paksu) klo udh muncul krisis begini, langsung ngabur ke kamar. Dikunci. Biar kami selesaikan dg cara kami.

Duh.. Ujiannya lebih berat ya mba.. Semangaaat.. 😘😘

[10/02 07:57] risfi:
[10/02 07:56] Marlia‬: Pantesan akhir2 ini si kakak kalo disuruh setoran hapalan udah berkaca2 dulu matanya, kaya takut salah.. Ternyata secara ga sadar mungkin saya “ga menerima” kesalahan dia yak.. Ya Allah.. Astaghfirulloh.. 😭

Makasih mba risfi udah menyadarkan dan membuka mata.. Bismillah harus bisa berubah.. 💪🏻
Sama2, mba. Aku pun masih belajar dan berusaha buat jalin komunikasi yg lebih baik sm anak.

[10/02 07:57] ‪Mariana:
[10/02 07:55] risfi: Aku pun, mba. Dan skrg masih tinggal brg. Jd gege dpt dobel, liat aku ya liat akinya. Makanya kami (aku dan paksu) klo udh muncul krisis begini, langsung ngabur ke kamar. Dikunci. Biar kami selesaikan dg cara kami.

lumayan berat ya mbak risfi. Semangat. 💪🏼💪🏼💪🏼

[10/02 07:58] ‪Mama Nanik: Tp kl lagi berdialog anak saya itu top bgt, cepet ngerti, apalagi kl salah mudah bgt diingatkannya
Trus pernah nanya sm ustzh poppy, dijawab kurleb terus dialogkan “menagis itu boleh lho, Rosul jg pernah menagis, tp gak setiap waktu, Rosul menagis saat berdoa pd Allah, dll ”

#pr emak cari sirohnya

[10/02 07:58] Marlia‬:
[10/02 07:56] risfi: Dulu jaman kecil, klo jatoh bukannya nangis malah khawatir diomelin.
Lhaaa..ko samaaaa… 😩

Sekarang aku liat si kakak gitu.. Duh.. Jd merasa bersalah bgt 😥

[10/02 08:04] ‪Mariana: Makasih banyak ya buibu atas masukannya. Alhamdulillah tercerahkan. 😘

Cara komunikasinya yg harus di rubah.

[10/02 08:26] Nurul:
[10/02 07:56] risfi: Dulu jaman kecil, klo jatoh bukannya nangis malah khawatir diomelin.
Banyak yah yg gini ternyata 😅

Ortu jaman dulu apa semua galak ya.. gak terima aku 😐

[10/02 08:31] Nurul:
[10/02 07:32] risfi: “Gege itu klo pake sepatu yg kanan dulu. Inget kan? Udh dikasih tau berkali2 lho.”
Kalo kita lagi butuh cepet, eh si bocil lambat, ngomongnya kudu gimana kah?
Biasanya aku gini,

“Adek, ayo cepet pake sandalnya.. lari sinii..”
Aku juga terbiasa keburu2.. dan perfeksionis 😅

[10/02 08:33] risfi: Nah, itu juga PR aku, mba. Biasanya sih aku bopong aja tanpa berkata2. Ngeri salah. Hahahah

[10/02 08:33] ‪Lintang‬: Bahasan diatas aku kayak lg ngaca😭

Kadang sadar dan memperbaiki kadang ga sadar😫

[10/02 08:35] ‪Khariza‬: Kl kasus ini aku blgnya “taka mau ikut pergi ngga? Ayo cepetan sini pake sendalnya yuk” pst dia lgsg semangat krn udah kebayang2 mau pergi 😅

[10/02 08:36] risfi: Klo aku lebih pilih di persiapan. Jgn smp muncul situasi tergesa2nya. Jd anaknya di briefing dr jauh sebelumnya. Tp ya ttp aja klo nyantainya kambub kejadian juga..

[10/02 08:40] Aris‬:
[10/02 08:31] Nurul:
Kalo kita lagi butuh cepet, eh si bocil lambat, ngomongnya kudu gimana kah?
Biasanya aku gini,

“Adek, ayo cepet pake sandalnya.. lari sinii..”
Aku juga terbiasa keburu2.. dan perfeksionis 😅
Kalau sy suka pake hitungan..

[10/02 08:40] Aris‬: Tp kalau sdh berkali2 diingatkan biasanya hehe

[10/02 08:41] ‪Henny‬:
[10/02 07:58] ‪Mama Nanik: Tp kl lagi berdialog anak saya itu top bgt, cepet ngerti, apalagi kl salah mudah bgt diingatkannya
Trus pernah nanya sm ustzh poppy, dijawab kurleb terus dialogkan “menagis itu boleh lho, Rosul jg pernah menagis, tp gak setiap waktu, Rosul menagis saat berdoa pd Allah, dll “

#pr emak cari sirohnya
Baru baca kemarin di buku siroh anak mba , salah satu moment ketika Rasul menangis..
Rasul mengis ketika mengunjungi keluarga Ja’far, Rasul menemui istri dan 3 anaknya dan mencium dan memeluk anak2nya sambil berlinang air mata, lalu bertemu dengan anak Zaid bi Haritsah ..

Ja’far dan Zaid baru saja syahid…

Para sahabat bertanya, mengapa Rasulullah menangisi para syuhada yg masuk surga.

Rasulullah menjawab bahwa itu adalah air mata seseorang yang kehilangan sahabatnya.
Para sahabat sampai bertanya begitu mungkin karna memang Rasul mengangis utk hal-hal tertentu saja..
#baru baca kemarin jd ingat😅
Jadi masukkan jg klo anak nangis, diceritakan ttg Rasul yg menangis utk hal2 tertentu..

[10/02 08:42] Nurul:
[10/02 08:36] risfi: Klo aku lebih pilih di persiapan. Jgn smp muncul situasi tergesa2nya. Jd anaknya di briefing dr jauh sebelumnya. Tp ya ttp aja klo nyantainya kambub kejadian juga..

Kadang cuma butuh keluar bentar beli sesuatu, anaknya mau ikut, lha tp lambat banget jalannya 😂😅

*namanya juga anak masih segitu *nabok pipi sendiri

[10/02 08:45] Ira:
[10/02 07:52] ‪Mama Nanik:
Ini anak saya banget mba, kl sy kayanya karena pas hamil si kk saya melow bgt, trus nurun bgt deh ke si kk, kami sering bilang “tidak perlu menagis, temen yg lain jg blm datang dll” itu kl lg sabar😷
Org2 sekitar anak jg jd tau kl dia melow bgt, sampai kelas 2 suka menangis buat hal2 kecil, bersyukur di sklh ustadzah sm teman2nya gak suka membully, Alhamdulillah skrg kls 3 udah jarang nangisnya

Kalo hamilnya mellow ikut ke anak ya mba? Apa jangan2 anakku nangisan karna waktu hamil mellow ya? Eh iya ga sih mba??

[10/02 08:47] Ira: Soalnya ada anak temenku, dia waktu hamil sama skali ga mau ditinggal suaminya. Nurun ke anaknya yg ga mau ditinggal ibunya sama sekali. Bahkan smpe anak skrg umur 3taun. Bahkan ke kmr mandi aja ga bisa. Dibawa ke psikolog, katanya bawaan perasaan dari hamil ikut kebawa. 😶

[10/02 08:51] ‪Uti‬: Tp Aku pas hamil mellow anakku jd galak 🤔 @Dila Meirisa pas hamil galak anak pertamanya mellow ya dil si ule? Galaknya udh keambil maknya semuaa 😂😂

[10/02 08:55] ‪Dinda:


[10/02 08:45] Ira:
Kalo hamilnya mellow ikut ke anak ya mba? Apa jangan2 anakku nangisan karna waktu hamil mellow ya? Eh iya ga sih mba??

Ini saya banget berasa ke anaknya sekarang loh. Hamil pertama saya sering mellow krna br penyesuaian sm suami,, skr anaknya perasa dan empatinya tinggi sm org skr.

Yg hamil kedua ditinggal suami kuliah lagi plg seminggu sekali anaknya skr mandiri dan tahan banting krna dl ibunya jd mandiri krna ditinggal2 trs.

Yang hamil ketiga sering PP depok-sukabumi naik bis karena lagi ngurus pindahan kerja saya ke pemda depok,, hamil besar saat di depok naik angkot kemana2 pp rmh-ktr skr anaknya luar biasa lebih tangguh lagi.

[10/02 09:05] ‪Marlia:

[10/02 08:41] ‪Henny‬:
[10/02 07:58] ‪Mama Nanik: Tp kl lagi berdialog anak saya itu top bgt, cepet ngerti, apalagi kl salah mudah bgt diingatkannya
Trus pernah nanya sm ustzh poppy, dijawab kurleb terus dialogkan “menagis itu boleh lho, Rosul jg pernah menagis, tp gak setiap waktu, Rosul menagis saat berdoa pd Allah, dll “

#pr emak cari sirohnya
Baru baca kemarin di buku siroh anak mba , salah satu moment ketika Rasul menangis..
Rasul mengis ketika mengunjungi keluarga Ja’far, Rasul menemui istri dan 3 anaknya dan mencium dan memeluk anak2nya sambil berlinang air mata, lalu bertemu dengan anak Zaid bi Haritsah ..

Ja’far dan Zaid baru saja syahid…

Para sahabat bertanya, mengapa Rasulullah menangisi para syuhada yg masuk surga.

Rasulullah menjawab bahwa itu adalah air mata seseorang yang kehilangan sahabatnya.
Para sahabat sampai bertanya begitu mungkin karna memang Rasul mengangis utk hal-hal tertentu saja..
#baru baca kemarin jd ingat😅
Jadi masukkan jg klo anak nangis, diceritakan ttg Rasul yg menangis utk hal2 tertentu..
Noted.. Makasih mba henny.. Bisa diceritakan nanti ke anak2.. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s