Perkembangan Bahasa Anak

Tanggal Diskusi  : 5 September 2016, 08:00 WIB
Tema Diskusi       : Perkembangan Bahasa Anak
Nara Sumber        : Dian Inayatullah Yafie (Nayu )
Moderator             : Nurul
Notulensi              : Silvia Rahayu

*************************

image

Perkenalan Narasumber

Nama saya Dian Inayatullah Yafie, nama kecenya Nayu
Saya ibu dengan 3 anak, yg pertama 10 thn, yg kedua 6 thn, yg ketiga 10 bulan.
Saat ini saya membantu mengajar mahasiswa okupasi terapi di ui dan konsultan di sekolah auliya tangerang u/ level smp-sma

SESI TANYA JAWAB

Q : Mba Nayu, Okupasi Terapi itu apa ya? (Nurul)
A : Okupasi terapi itu salah satu tenaga profesi kesehatan yg memberikan intervensi agar klien atau pasien Bisa melakukan aktivitasnya secara mandiri sesuai dengan perannya

Q : Test apa saja yang perlu dilakukan jika anak kita mulai menunjukkan gejala keterlambatan bicara dan bagaimana urutan test2 tersebut yg mana dulu dilakukan? (Elvira)
A : Sebelum mengatakan seorang anak mengalami keterlambatan bicara, kita mesti tau tonggak perkembangan bicara. Bicara tidak dimulai dengan satu kata, tapi dimulai dari awal kehidupan yaitu menangis.
Pada 1 bulan pertama anak akan menyemburkan air liur seperti meniup
Pada bulan kedua mengeluarkan suara vokal.
Pada bulan 2-6 dia akan memperkaya bunyi² vokal tersebut
Pada bulan ke 6 mulailah bunyi baba…. Mama… Papa…. Tanpa makna
Pada bulan 9-10, mulai Bisa menyebutkan kata² di atas dgn bertujuan semisal dada sambil melambaikan tangan, mama sambil melihat ke mama atau mam sambil melihat ke makanan
Di bulan ke13 satu kata bermakna.
Selanjutnya penambahan perbendaharaan kata².

Kalo untuk tes, sayang sekali Tes di Indonesia belom ada tools nya. Paling memungkinkan adalah memenuhi tw, mereka punya tools yg sudah disesuaikan, tapi juga ga Baku

Q : Lalu speech delay sendiri itu maksudnya bagaimana mba Nayu?
A : Nah kalo pada usia lebih dari 13 bulan belom ada kata utuh yg keluar Bisa dikatakan anak tersebut mengalami keterlambatan bicara

Q : Nambahin tanya mbak, apakah kalimat bicara anak yg berentet, terlalu cepat, sehingga gak jelas kalimatnya termasuk keterlambatan komunikasi atau gangguan komunikasi?
A : Blom gangguan mba, gangguan itu kalo udah menganggu aspek² lain, misal org ga ngerti, lalu dia frustrasi dan jadi emotional, dalam kurun waktu yg lama

Q : kegiatan apa saja yg bisa dilakukan di rmh untuk memperjelas artikulasi anak? (Elvira)
A :  Masalah artikulasi, pasti diawali dengan masalah motorik. Yg perlu diketahui pertama apakah postur tubuh anak sudah siap untuk berbicara, yg kedua motorik area mulut apakah juga sudah siap
Untuk motorik area mulut Bisa dibantu dengan cara makan, mulai dari tekstur, bentuk, dan juga rasa. selain itu bermain permainan yg melibatkan otot² daerah mulut. Misal main tiup²-an, Bisa juga dibantu minum dengan menggunakan sedotan

Q :  Postur tubuh?? Seperti apa?
A : Postur tubuh itu seperti badan anak yg membungkuk (anak² yg duduk dgn pola W)

Q : menanggapi ya mba Nayu, kalo tes Pendengaran (BERA) itu gunanya utk apa ya? Kan mba Nayu bilang di Indonesia belum punya tools. (Nurul)
A : Tools yang saya maksud adalah untuk tes bicara dan bahasa. Kalo bera itu Tes untuk ngecek fungsi pendengaran yg juga erat kaitannya dgn perkembangan bahasa
Kalau bera-nya bermasalah jadinya bukan gangguan bicara atau speech delay tapi gangguan pendengaran.Yg pastinya mempengaruhi kemampuan bicara.

Oh iya, yg perlu ibu² sekalian ketahui speech delay itu bukan diagnosis, artinya bukan gangguan yg menetap, tapi Bisa jadi lampu kuning untuk gangguan yg lain

Q : Anak sy 21 bulan belum mengeluarkan satu kata utuh. Setelah konsul ke dsa, sy diminta utk tes BERA. Menurut, mba Nayu apa anak sy harus tes BERA? (Nurul)
A :Tes bera perlu dilakukan jika anak tidak merespon bukan hanya pada panggilan tapi pada suara² yg ada di sekitar. Tidak pernah terkejut oleh  suara² yg ada di lingkungan
Terlalu anteng, gak kagetan
Atau ada riwayat masalah pada saat hamil. Misal terinfeksi torch atau cmc.
Kita boleh berpikir perlu Tes bera

Q : Kalo anak saya baru bisa menirukan suara spt mobil “brem” suara kereta “jeje”. Apakah anak saya termasuk yg keterlambatan bicara? Umurnya sekarang 19 bulan. (Sari)
A : Menurut saya iya bu

Q : Apakah kemampuan bicara itu dipengaruhi oleh gender dan genetis? Karna saya sering bgt dgr, anak cewe lbh cepet ngomong drpda cowo.  Dan ini juga terjadi pada anak2 saya.. kedua saya jg dgr kalo salah satu ortunya dlu lambat biCara bs jadi nurun ke anaknya.. jd lambat bicara jg (lintang)
A : Sebetulnya ga ada pengaruh gender. Ditinjau dari teori perkembangan, ada range dalam menguasai bicara. Kalo dia masih masuk range itu ga ada masalah mba. Faktor genetik Bisa mempengaruhi, tapi prosentasinya ga besar, proses pembelajaran dari lingkungan lebih mempengaruhi kemampuan dan keterampilan seseorang

Q : Faktor lingkungan seperti apa mb? Misal kita udah cerewet bgt tapi untuk kosakatanya blom muncul
A: yg dibutuhkan anak bukan dicerewetin, tapi coba bicara satu², karena mereka nerima masih pelan. Untuk bicara itu perlu melihat, mendengarkan, dan kesiapan badan, butuh atensi juga.
Mulailah dgn sesuatu yg sering banget dia temui sehari²
Mis, piring, sendok, gelas, kursi, meja

Q : Jd lgsg kosa kata ya mb? Perlu ngga mmg dipancing buat babling gt.. tatatata.. cacacaca..?Maksutnya biar luwes lidahnya? 😂
A : Perlu bgt mba…haha maaf skip ini yg baru mulai babbling ya

Q : Gege 32m. Mulai bicara sekitar 25m. Ketika bicara pronunciation cenderung mumble dan cepat. Tapi konsep penguasaan bahasanya menurut saya luar biasa. Dia sudah paham penggunaan kata tetapi, padahal, kira2, karena, kalau, tiba2.
Masalah mumble nya itu apakah termasuk kategori masalah yg harus ditangani atau dibiarkan saja seperti itu? (Adit)
A : Harus segera ditangani. Saya punya asumsi anak ibu adit, termasuk yg aktif ya?

T: Iya, mba. Motoriknya kuat. Dan di rumah saya siapkan aktivitas utk dia. Saya sendiri klo bicara juga mumble dan cepat..Sependek yg saya tau, org yg punya kemampuan linguistik kuat memang cenderung bicara cepat dan mumble

A : Yg saya tau org² yg berbicara cepat itu karena banyak yg ingin disampaikan tapi kecepatannha ga betanding lurus ama motoriknya

Q : ✋anak saya juga kalo dipanggil dengan suara lembut dengar, tapi susah sekali disuruh menirukan kata. Bagaimana baiknya saya melatih bicara? (sari)
A : Justru JANGAN dipakai meniru, Terlalu melelahkan untuk anak², Bisa dibantu dengan bermain. Kenali minat anak

Q : Anak sy responsif nya bagus, ekspresifnya kurang. Harus bagaimana ya? (Nurul)

Q : anak sya 14m belum ada kata utuh. tapi kalau disuruh2 udah bisa. dimintain tolong ambilin hp, boneka, botol, tutup pintu. nunjukin mana gambar gajah, kucing, dll jga bisa. itu gmna ya
bisa jawab ciluk… baa. nom nom: mau minum. mammm : mau makan
Trus suka baca buku dg suara yg ga jelas. suka ngoceh tpi bubling gtu. kata2 versi dia aja.
kata utuh itu seperti apa ya mbak?. anak sya bntar lagi 15 bulan
( winda )
A :  Wajar. Kata yg utuh itu dada sambil melambaikan tangan, mama sambil melihat ke arah mama

Q: Apakah bermainnya harus saling memandang dalam menyebutkan nama” benda?
A :  Ga harus memandang, yg penting dia atensi tune in sama kehadiran kita

Q : Nah kalo yg bicaranya berentet kayak kereta api , tretmen nya sama spt ini kah👆🏽? Atau yg bagaimana mbak tepatnya?
A : Bisa
Atau saat bicara minta dia bicara pelan² Satu persatu. Imbangi dengan memberikan kegiatan motorik yg sesuai untuk usianya

Q : Terapi okupasi apakah beda dg terapi wicara? Kalau terapi wicara seperti apa ya?
A : Beda mba. Beda sekolahnya, beda profesinya, beda intervensinya

Q :  Satu lg dong, klo kata yg cenderung sulit gmn, mba? Gege suka kebalik balik. Bolong jd lobong. Tangan jd tanang. Jangan jd janang. Ga ush dibetulkan? (Risfi)
A : Direphrase tapi ga usah dikoreksi atau minta dia ngulang

Q : Mngkin mbak nayu bisa   menambahkan tentang faktor2 yg kudu diperhatikan spy terhindar dari speech delay ?
A :  In detail. Ga ada satu faktor yg pasti menentukan speech delay.
Tapi Bisa dibagi menjadi,
Genetik
Masa kehamilan: gizi, penyakit yg diterima ibu, gangguan perkembangan masa janin
Masa kelahiran: proses kelahiran, ada trauma atau tidak +misal hipoksia, kekurangan oksigen)
Masa awal: intake gizi, kualitas menyusui, pola makan
Satu lagi stimulasi

Q : Saya mau bertanya, di salah satu poin milestone disebutkan mampu menyebutkan dua suku kata? tiga suku kata?
anak sy skrg umur 18 bln tgl 10 nnti, udh bisa bilang :
“ini apa?”
“ini siapa?”
sambil menujuk ke arah buku, foto atau barang.
Apakah itu termasuk yg dua suku kata yg dimaksudkan?
A : Itu lebih Bu suku kata itu ma-ma (dua suku kata)
Ini apa? 4 suku kata
Ini siapa? 5 suku kata

Q : Saya punya anak umur 1taun.. Baru bisa blg “baah”, nanana, jajaja.. Tp kalo disuruh panggil ambu dy msh blm bs.. Apa itu termasuk speech delay? Tp kalo disuruh ngambil mainan ayam, monyet, jerapah dy sudah tau mba Nayu.. Mohon penjelasannya.. Makasih 🙂 ( greta yuliana )
A : Ga Bu.masih perkembangan normal

Q : anak sy yg ketiga, laki laki, 25 bln. Belum bisa minum sedotan dan meniup.klo dikasih sedotan digigit aja atau dilepas..dan suka ncess ( klo lg main serius atau konsentrasi). Skrg blm ada kata yg bener bener jelas. Baru ‘ nda.. ( bunda) yah.. ( ayah)..emm ( makan).. Mbah.. ( nambah)..tapi klo instruksi dia mengerti.
Utk makan,cendrung agak susah..lahap kalo makanan agak padat dan kenyal misal sy bikin dimsum sayur,atau bakso..klo yg encer atau lembek ga suka.

Pertanyaan: termasuk speech delay kyknya ya? Stimulus sprti apa yg harus dilakukan? Apa tanda tanda kegawatan speech delay ( misal batas usia,atau ciri lainnya) (Silvia)
A : Iya Bu. Diperlukan pemeriksaan lanjutan.
Stimulasi perbaiki pola makan, bantu anak menguasai keterampilan menyedot dan meniup. Saya sarankan untuk segera ketemu professional

Q : begitu ya..Profesional disini mksdnya dr anak? Atau bagian tumbuh kembang? Atau psikolog? Atau siapa mb?
A : Dsa atau psikolog boleh mba

Q :Anakku skrg 18 bulan, dulu waktu 12 bulan bisa mbuu ato ibook untuk manggila aq. Skrg jadi mambling semua, mbauuk, hawe, g ad kt yg jelas tapi ber intonasi kyk org cerita gt, bisa ngasi intruksi maunya dy ap
Is that ok?

Q : mb nayu..mohon dijelaskan ttg posisi duduk dg pola W ini..slny anak sy 2thn..ay liat duduk dg posisi ini.skg kosakatany sdh lmyn dan sdh bs diajak komunikasi 2 arah hanya blm bgtu jelas..
tmksh atas pjelasannya..
A : Pola duduk W biasanya karena kompensasi kurang kuatnya otot²  punggung dan atau panggul, serta keseimbangan tubuhnya. sehingga saat duduk, anak mengandalkan otot² pahanya
Koreksi pola duduknya, salah satu kaki diliat ke depan tubuh, kaki yg lain boleh tetap seperti w

Q : Mba Nayu mau tanya lg.. Apa ada penjelasan katanya kalo gigi duluan yg numbuh, ngomongnya belakangan.. Trs sebaliknya gitu mba.. Denger2 dr tetangga gituu 😁
A : Ga ada mba, ga ada hubungannya secara lgsg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s