Belajar Bisnis Bareng owner gamis Zizara

Diskusi 18 Mei 2016

Tema : Bisnis
Narasumber : Fithri Mayasari (owner zizara)
Moderator : Melinda Nurimannisa
Notulen : Silvia Rahayu

OPENING

Assalaamu’alaykum..
Salam kenal mommees semuaa
Nama: Fithri Mayasari
Panggilan: Fithri
TTL: Tasik, 3 Januari 1985
Kuliah: Arsitektur FTUI 2002

Karakter: melankolis,plegmatis,sedikit bicara, banyak kerja,kurang percaya diri, terlalu banyak ide sampe bikin susah tidur 😁

Domisili: Kukusan Beji
Aktivitas:
Mengasuh anak-anak,
Bisnis (IG :@zizara_)
Bisnis handmade craft ..interior product( baru merintis)
Freelance arsitek (udh jarang ambil proyek tapi..)
Fotografer buat produk sendiri
hobby : fotografi, jalan-jalan, segala sesuatu yg terkait seni, desain, craft.

Cita2: menjadi manusia mulia  dlm agama dan kompeten dlm bidang yg digeluti, menjelajahi bumi Allah yg luas

Nama Suami: Andri Ranggadisastra
Kuliah: FT UI ext Mesin 2002
Pekerjaan: zizara
Kontraktor (udh jarang ambil proyek juga)

Anak:
1. Aradana shabira (7 th)
2. Ghazia Fathinah A. (6 th)
3. Muhammad Azzam R (4 th)

Visi Misi keluarga: Mencetak manusia mulia dan tangguh yg dapat membangun peradaban

Assalamu’alaykum wr.wb..

Salam kenal semuanya yaaa.terima kasih sudah diberikan kesempatan untuk berbagi diforum WA ini ☺

Perkenalkan nama saya Fithri Mayasari, 31 thn, saat ini dikarunia Allah 3 orang anak yang masih imut-imut. Pekerjaan utama mengasuh anak-anak dan sehari-hari dirumah, sambil berbisnis dibidang fashion..sebelumnya saya masih menerima proyek-proyek gambar.rata2 rumah satuan/perumahan. Namun saat ini saya berazzam utk tidak menerima proyek gambar dr manapun dulu.

Berbisnis bukan sekedar mengisi waktu buat saya dan suami.karena sejak memutuskan resign dr kantor, kami hidup dengan mengandalkan usaha-usaha  Seperti menggambar rumah dan membangunkannya (design and build)
Dan memang Sejak dulunya saya senang dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan craft, sambil mengurus anak saya suka membuat kerajinan dr kain-kain perca. Sampai pada suatu ketika saya memutuskan ikut les jahit murah.
Dari situ mulai muncul keinginan untuk usaha fashion muslimah. Saya lihat baju-baju muslimah yang ada harganya mahal dan desainnya terlalu ramai..jadi dari situ saya mulai mendesain-desain baju sendiri. Kemudian karna terbatasnya modal..saya coba berkolaborasi dengan teman.. namun juga tidak berjalan mulus krn banyak trial dan eror, banyak kesulitan yg dihadapi saat itu..maklum pengalaman masih dibilang O.
Awalnya saya buat dengan sistem Po.saya buat 1 buah kemudian difoto dan dijual di instagram. Sampai pada saat lebaran tahun 2014 saya mulai kecapean. Suami sudah menolak keras saya jahit menjahit (usaha baju ini)Karena resiko PO adalah dikejar-kejar konsumen yang menagih kapan bajunya selesai 😬, sudah itu ga untung malah buntung..
Puncaknya bada lebaran jerih payah itu hilang semua krn ATM saya dikuras  krn jatuh dimana (ga ingat dasar emak2 suka lupa dan rempong)
Intinya sudah sampai puncak tidak mau meneruskan karna ditentang suami

Usaha menjual baju PO tersebut bisa dibilang masa paling penuh perjuangan..saya membawa anak2 untuk membeli kain, keliling mencari penjahit , beli2 perlengkapan jahit dsb. Bisa dibilang saya rugi waktu itu karena ongkos jahit mahal ya…tapi masih dijalanin krn senang menjahit 😁. Suami menentang krn suami lebih suka saya gambar rumah aja.. tapi saya masih gambar rumah juga sambil jahit sesekali. Repotnya punya balita ya gitu..baru sebentar didepan meja jahit..si kecil ada yg minta makan, mau BAB/BAK, minta ini itu, berantem dsb..jadi kerjaan tidak selesai-selesai 😁
Namun disaat ingin menyudahi dunia perjahutan ada pesanan 2 lusin baju dr Rina Toko tenabang..dari situ dibantu suami saya keliling mencari konveksi..suami mungkin kasian lihat saya mondar-mandir sendiri :mrgreen::mrgreen:setelah dapat konveksi akhirnya kami jahit disitu dan dapat untung..alhamdulillahnya kata suami modalnya untuk bunda beli kain lagi saja. Modal itu sekitar 4 jutaan dr uang proyek.
Saya kemudian beli katun Jepang . 1 motif 1 baju..setelah jadi saya foto gantung dihalaman belakang rumah(seadanya banget)..dalam 2 jam sold out

Saya tambahkan lagi kuantitasnya dr modal dan untung yg diperoleh..alhamdulillah  sold out juga dlm hitungan jam..terus saja saya memutar modal hingga hari ini..alhamdulillah blm ada campur tangan investor atau pinjam bank..perlahan-lahan saja..
memang saat itu hampir belum banyak yg membuat gamis dr bahan katjep..bahan jersey masih jd primadona kala itu.
Seiring waktu saya sempat berpindah ke konveksi lain krn konveksi pertama jahitannya kurang rapi..akhirnya tidak bisa dijual..dipermak..mondar mandir tiap hari sama suami san anak2..pulang sampai jam 11 hampir tiap hari.
Alhamdulillah dapat konveksi 2 dr internet..kemudian saya jahit disitu.
hingga akhirnya memutuskan membuka konveksi sendiri dengan alasan bisa memudahkan untuk mengecek kualitas jahitan..sebelum membuka konveksi sendiri..suami juga sempat sakit hampir 1 bulan terbaring dikasur..:'(
Maju mundur mau buka konveksi..sedangkan permintaan pasar makin banyak.

Namun setelah suami sakit alhamdulillah oleh Allah diberikan jalan2 kemudahan..sehingga kami masih bisa berjalan hingga hari ini..perlahan-lahan dari 1 konveksi menjadi 3 konveksi..dan rencananya akan buka 1 konveksi lagi
Alhmadulillah sampai hari ini produk Zizara masih diterima pasar walaupun mulai bermunculan produk-produk serupa dari berbagai brand. Penjualan lewat instagram saja paling utama.kemudian saya membuat website dan aplikasi di playstore.
Sejak Zizara mulai kelihatan bisnis yang serius..suami meninggalkan bisnis kontraktornya dan skrng kami berdua 100% fokus di Zizara.
Dan alhamdulillahnya ada banyak karyawan yg sudah membantu mengurusi pesanan pelanggan sehingga waktu saya sekarang lebih banyak dirumah

Cara memanage waktu
1.Anak tetap no 1. Prioritas utama..memang dalam masa awal-awal membangun bisnis..kita akan banyak sekali pekerjaan..sehingga waktu kita lebih banyak tercurah untuk bisnis itu sendiri.
Miliki supporting system yang bisa menolong tatkala kita tidak bisa membawa anak..namun dulu saya selalu mengajak anak-anak belanja kain atau ke penjahit.
2. Catat dan buat jadwal kegiatan. Karna tidak semua waktu kita sibuk..ada kalanya kita lowong..manfaatkan sebaik mungkin bersama anak. Jadwal ini juga penting sehingga setiap harinya bisa kita ukur apakah sudah efektif dan efisien pemanfaatan waktu kita.
3. Manfaatkan jam tidur anak-anak..atau kalau anak sudah bersekolah, saat mereka sekolah kita bisa lebih fokus mengerjakan urusan kita..namun jika ada anak2 sebaiknya kita lepaskan dulu pekerjaan kita.
4. Buat goal setting/target mingguan..namun tetap fleksibel waktunya, menyesuaikan dengan anak..anak harus menjadi prioritas krn tugas utama ibu adalah mengasuh dan mendidik anak2.
5. Minta bantuan dan kerjasama suami. Ini penting..karena ridho suami akan memudahkan langkah kita menjalankan apapun.
6. Idealnya rekrut karyawan..agar waktu kita lebih banyak utk keluarga..kita bisa fokus untuk hal2 strategis..sedangkan bagian teknis dipegang karyawan

SESI TANYA JAWAB
Bgmn   cara  mb fitri mengatur stok  dan keuangan bisnis mbak? Belajar akuntansi lg atau ambil pegawai akuntansi?

Zizara produksi baju ga pernah stop mba..jadi selalu ada stock..begitu produksi selesai langsung dijual. Reseller Zizara semua beli putus dan kami tidak menerapkan dropship.
Utk keuangan sendiri masih dipegang suami saya sendiri. Intinya dlm mengatur keuangan, harus dipisah antara keuangan keluarga dan keuangan bisnis.

Iyah beliau memang senang masalah hitung menghitung..😄
Kalau saya senangnya desain desain

apa yg membuat mbak yakin mau meneruskan mengerjakan pesanan toko tanah abang tersebut dan merasa pasti bisa untung lagi? Setelah sebelumnya semangatnya sempat nge drop?

Karena kebetulan yang pesan teman sendiri yang sudah punya toko online yg established. Dan suami saya mendukung dengan memberi modal .

Saat pakek outsource konveksi lain, sistem pembayarannya bijian atau borongan?
Waktu outsource, sistem bayaran persatuan baju mba. Ada minimal biasanya dari mereka

Investasi untuk membuka konveksi pertma kli brapa mbk? Apa saja yg dibutuhkan? Brapa karyawan konveksi pertma kli? Sistem gaji bagaimana?
Investasi kira2 sewa rumah, beli mesin jahit
3 buah, mesin potong dan mesin obras.. juga meja potong..besarannya saya lupa tepatnya..awal2 karyawan konveksi 6 orangan. Ada yg dibayar bulanan, ada yang dibayar borongan.

Kenapa memutuskan bikin konveksi sndri? Kan butuh biar modal dan pemeliharaan yg g kecil?
Membuat konveksi sendiri karna kebutuhan pasar makin tinggi..kalau dikonveksi lain kita harus berbagi dengan konsumen lain yg order ke konveksi tersebut kan..sehingga produksi baju kadang jadi terhambat. Yang utama kita bisa atur sendiri sistem konveksi dan QC produk sendiri.

Definisi sudah untung untuk pengusaha tu gmn c mbak?

Mungkin kalau modal sudah balik ya mba..dan kita masih ada spare uang utk investasi ke hal lain.

Kendala waktu kolaborasi sma tmen dulu ap mbk?
Beda lokasi mba..sehingga pekerjaan susah untuk dibagi bebannya..pengennya kan jalan bareng, susah senang bareng2..tapu kalau beda lokasi dan jauh susah sekali.

Gmn cara mba fithri tetap tawazun dengan semua peran yg dijalani saat ini?

Awal membangun usaha memang luar biasa mba..kerja ekstra..karna yg melayani dan membungkus paket masih sendiri. Saat Zizara mulai serius september 2014..untungnya suami sudah mendukung ya..ini penting sekali..sehingga beliau bisa gantian handle anak2 kalau saat saya sedang ada kerjaan.
Kesininya..akhirnya saya coba untuk menserah tugaskan pekerjaan kepada karyawan2..karena kita ga akan sanggup melakukan semuanya sendirian..kita butuh support system..apalagi anak2 masih kecil..kalau ibunya sibuk kasian sekali masa golden age mereka terlewatkan. Jadi mending ambil karyawan daripada susah sendiri 😬
Skrng alhamdulillah waktu saya lebih banyak dirumah.
Dulu juga mulai usaha..tokonya dirumah..kemudian cari kontrakan dan dekat..sampe skrng pindah ke ruko..semuanya masih dekat rumah.agar lebih mudah kontrolnya

Gmn cara mb fith membagi waktu dan tetap menjadi ibu dan istri shalihah sekaligus mompreneur yg sukses?
Masih belajar membagi waktu juga mba..saya skrng banyaknya dirumah..ke kantor setiap hari mungkin 1-2 jam.
Paling lama utk pemotretan produk dan mengedit foto yg masih dikerjakan sendiri. Edit foto biasanya malam setelah anak2 tidur. Atau pas anak2 sekolah.
Selebihnya sama seperti ibu2 lainnya…mengurus anak..anter jemput sekolah dan mengaji 😬

Mb fith kebanjiran ide sampe ga bisa tidur? 😱 bagi tips dong mba menggali ide, inspirasi dan juga kreativitas. Krn aku modelnya lbh suka beli daripada bikin, harus encourage diri supaya lebih kreatif yaa #malu. Misalnya lbh suka beli zizara drpada jait😁

Ini gak tau mba…bawaan lahir kali ya 😬 saya yakin tiap orang punya kelebihan masing2. Kalau saya senang desain; craft,fotografi..yang berbau sesuatu yang indah2 dan nyeni.. alhamdulillah hobby nya bisa jadi sumber penghasilan :mrgreen:
jadi kalau punya kelebihan dan passion sebaiknya digali dan diseriusin…

Mba fith… Kenapa Reseller zizara ditutup?

Tutup reseller sementara untuk area jabodetabek mba karena sudah banyak

Mbak kirain aq doank yg sampe.g bisa tidur gt,.terharu ad tmnnya 😭😭
Kebanyakan ide smpai ga eksekusi2 😝 #itumahsaya

Gapapa bun..dicatat dulu idenya
Siapatau satu persatu bisa terwujud..sambil berdoa sama Allah untuk dikuatkan keyakinan kita mewujudkannya

Mbak mulai awal bgt zizara tahun brp?
Kalau produksi massal september 2014
Tapi saya mulai merintisnya dr maret 2014 dengan mengerjakan pesanan pre order

Kalo boleh tau apa alasan utama mba fitri resign dri kantor dan memutuskan untuk berbisnis,sampai akhirnya suami ikut resign,apa dri sisi keuangan sudah siap mb pada saat itu? atau memang yakim dengan usaha yg skrg dijalani sampai akhirnha zizara kebanjiran order terus sampai skrg,mungkim mba fitri punya juga strategi2 penjualan yg mw di share disini😍😁😁
Alasan saya resign krn habis melahirkan anak pertama, susah untk nyetok ASI. Kalau diperas cuma menuhin pantat botolnya saja. Kasian juga anaknya ditinggal..ga tega rasanya nitip ke orangtua apalagi khodimat.
Suami saya sendiri kerjanya udh mapan sebenarnya namun beliau sudah pengen resign..krn kalau kerja di perusahaan asing..harus siap dipanggil ke workshop jam berapapun..dan tahun itu waktunya suami dioper ke luar negeri..intinya ga mau. Waktu itu saya lagi hamil anak ke 1 padahal..trua suami resign..jadi ngelahirin ga ditanggung kantor 😁
Pasrah aja sama Allah..dan nurut aja ama suami.. ga banyak tanya..atau nyalah2in…masih polos dan lugu 😁
Maklum baru berumahtangga
Tapi kami ya jalanin saja ya
Memulai usaha baru..
Kebetulan suami mau belajar tentang sipil..saya bisa gambar rumah
Darisitu..berjalan dari proyek ke proyek..rata2 klien ya teman2 suami 😁..
Kehidupan naik turun…tapi Insha Allah kita kan yakin Allah ga pernah tidur..selama kita mau berusaha..berbuat baik sama orang juga Insha Allah kebaikan itu kembali ke kita
Sering kita mengalami masa2 terdesak..namun disaat itu datang kemudahan yang tidak terduga sebelumnya
Mungkin juga doa orangtua yg selalu menjaga kita
Maka baik2lah sama orangtua
Bahagiakan orangtua..dan selalu minta didoakan

Untuk yg tips tips berjualannya mbak..?

Tips berjualan ya mba
1.Karena kita jualan online..nomor pertama yang bagus harus foto.
2.Kemudian kesesuain foto dengan baju aslinya.
Jadi perhatikan kualitas baju kita juga..karena ini mempengaruhi kapok engganya utk next orderan
3. Lakukan pelayanan yang ramah kepada pelanggan.
4.Libatkan mereka juga untuk memikirkan perbaikan produk kita
Apresiasi/ beri hadiah pada costumer yang loyal
5. Fokus pada salah satu medsos saja..
6. Konten jualan yang bermanfaat..jadi tidak melulu tentang produk jualan kita misal.. bisa kasih tips2 bermanfaat..quote2 menarik dll.
7. Sabaaar
Konsumen macem2 karakternya…dan sangat menguji kesabaran kita sebagai penjual.. insha Allah kalau sabar..bisa closing :mrgreen:👍🏻

Ikut2 sfs sfs ga mb?
Ikut mba

Sampai skrg? Ngaruh ya mb?
Masih
Ngaruh mba..dulu maret follower zizara baru 100..skrng sudah 145.000
Dan kenceng orderan dr instagram

Kalo bisnis itu kan kadang semangat naik turun. Apa yg Fithri lakukan kalo lg ga semangat atau mgkn ingin berhenti? Apa yg membuat Fithri ttp persistent? Makasii..

Mungkin kalau saya dan suami mindsetnya bisnis itu bukan sampingan tapi dari sinilah sumber penghasilan..jadinya ga boleh ada kata ga semangat.
Dan ditambah lagi ada puluhan karyawan saat ini membuat kami harus selalu bersemangat..krn mereka mencari nafkah disini.

Bagaimanakah mbak fithri membagi presentase dari keuntungan usaha yg untuk gaji diri sendiri dan keluarga?
Karena walaupun sudah melakukan pemisahan, seringkali terjadi “pinjam meminjam” sumber dana. Bisnis kurang, minjem ke rumah tangga. Rumah tangga kurang, minjem ke bisnis 😅😁
Kita juga disesuaikan dengan pemasukan perbulannya mba..gaji buat kita mah secukupnya.. disisihkan dulu utk zakat..infaq..dll..trus buat dana darurat (krn kami kan ga tercover asuransi)..trus sisanya buat belanja dan kebutuhan keluarga..ambil secukupnya juga..
Sisanya buat investasi peningkatan bisnis.:mrgreen:
Berkaitan dengan life style juga sih mba..kalau suami saya selalu bilang belum saatnya kita beli ini itu..nanti kalau bisnisnya udh berapa persen dr omset..baru boleh beli yg diluar kebutuhan (lifestyle)
Mudah2an nyambung 😁
Intinya fleksibel sesuai pemasukan perbulannya..langsung dipos2 kan..jadi ga ada istilah pinjam meminjam itu

Mau tanya bolehkah sedikit kepo saat itu les jahit dmn? Nama tempat jahitnya.
Les jahit murah mba di komplek ibu saya di perumahan poltek depok. 50 rb/bulan

+/- menggunakan sistem beli putus apa mb?
Dengan beli putus cash flow lebih  lancar mba..dan kami tidak repot mengatur stock…produksi jadi.jual ke agen..begitu trus siklusnya

Kenapa tdk membuka sistem keagenan di tiap kota? +/- nya
Sudah ada mba agen/reseller tiap kota

Bagaimana cara merektrut penjahit konveksi? Kriterianya..
Ini biasanya dapatnya dr penjahit juga mba..bisa dr temannya..saudaranya .keluarganya..dll. susah2 gampang mba..susah juga mencari penjahit yg jahitannya rapi. Biasanya sebelum dipekerjakan..di tes dulu mba jahitannya..kalau ga bagus..pilihannya mau belajar atau mundur

Apa motivasi ketika memulai bisnis hingga berkembang sampai skr?
Awalnya dr suka menjahit itu mba…dan saya kesulitan mencari baju muslimah yg modelnya simple namun harganya terjangkau. Dari situlah saya jadi ingin membuat baju2 syari yang nyaman digunakan sehari2. Ditambah lagi baju yg sedang in saat itu adalah baju jersey dimana saya kurang nyaman memakainya krn agak mencetak tubuh.

Apa mimpi/capaian besar mba fitri sampai bisa dari sekedar jahit pesanan kemudian sampai punya konveksi bercabang?
Alhamdulillah memang Zizara masih bisa bertahan sampai sejauh ini..tidak ada cita2 yg muluk2 sih mba…kami berkembang sesuai kebutuhan dan ada dananya..jadi ga memaksa harus pinjam sana sini utk meleverage usaha.. kalau skrng saya dan suami inginnya punya garmen..dengan kapasitas penjahit ratusan

Mau sedikit curhat ya. Saya pernah bikin olshop baju juga tapi gagal total hehehe.. Setelah itu kapok 🙈. Waktu itu brg teman. Jujur kami gradak gruduk.
Ga paham kalo bisnis baju ituh remfong to the max.
Nah saya mau resign mba dr kantor. Berpikir mau melanjutkan usaha yg dulu sempat dirintis dgn persiapan lbh matang dan sendirian ga brg temen lagi.
Utk pemula dengan modal kecil, yg baik sistemnya bagaimana kah? PO kah? Krn kalo konveksi ada minimal order kan ya. Kalo penjahit rumahan biasa itu jatohnya mahal.

Kalau PO tapi resikonya sama juga mba..dikejar2 konsumen kalau belum jadi2…tp ga masalah mba kalau buat sistem PO..krn memang modal jadi ga terlalu besar dan resiko ga laku jadi minim. Konveksi biasanya 1 lusin min

Beli bahannya daerah mana mba? Boleh ga ya nanya begini 😂
Belimya macem2 mba..paling banyak di tanah abang..surganya kain2 😜

Boleh tau ga mba kira2 modal yg rasional utk pemula brp mba? Tergantung mau bikin berapa baju ya mba
Kalau mau ongkos jahit murah ya dikonveksi

Ya 4 jutaan mungkin bisa mba
Itu mah asumsi bikin 2 lusin mba dikonveksi
Masih harga lama
Mungkin skrng udh naik

Saat ini, produksi pakaian wanita muslim, banyak pesaingnya, resep apa yang membuat zizara mampu bertahan selama ini, adakah ciri khusus dan apakah ciri itu perlu dibentuk?

Sebenarnya kalau ditanya resep tidak ada yg spesial mba. Kami mencoba inovasi desain2 simple namun bagus saja, perbaikan kualitas terus menerus dan membuat harga baju terjangkau. Keuntungan yang pertama memulai mungkin ya..krn Zizara dulu bisa dibilang yg mempopulerkan gamis katjep sehingga lebih mudah berjualan..
Perlu ada ciri.khas..perlu mba..ciri khas bisa dari value yg kita tawarkan diatas itu tadi. Kalau dr model baju sendiri..susah juga mba krn Zizara banyak sekali yang meniru model bajunya 😁..krn simpel2 sehingga mudah ditiru

Bagaimana Zizara memandang suatu komplain dan bagaimana mengatasi komplain tersebut terutama untuk pelanggan rese?
komplain itu wajar mba..setiap manusia berproses, sistem.berproses. langkah kami sediakan nomor khusus utk pengaduan, dengarkan aduan/complain dan segera ditangani. Kecepatan dlm menanggapi keluhan konsumen bisa jadi poin plus juga mba dr bisnis kita..sehingga trust mereka akan bertambah kepada kita..walau awalnya mereka kesal

Dengan karyawan yang ada, Zizara memanage karyawan ini seperti apa agar bertahan?
belum ada yang spesial juga mba…alhamdulillah sejauh ini yg bertahan bekerja di Zizara krn memang butuh pekerjaan..jadi ga terlalu repot menangani karyawan yang macam2..tinggal bagaimana mengatur agar semua sdm bisa sesuai pekerjaannya dan target tercapai

Bagaimana Zizara memanage Stock mba? stock kan berarti uang mati mba, saya penasaran bagaimana memanage ini
alhamdulillah skrng kami punya offline store..sehingga produk yang tersisa dr setiap produksi bisa kami jual secara offline..sebelumnya kami pajang di website saja dan fanpage facebook..skrng ada sarana baru agar stock2 bisa keluar semua..dengan disale di toko

Mba Fithri enakan mana ngarsitek atau bisnis fashion? Lembur2nya, survey2nya, bagi waktu dgn keluarganya?
salam kenal mba arsitek…saya suka desain..desain rumah juga seneng..tapi kalau sudah gambar teknis saya malas 😁.Menurut saya enakan dagang baju mba..effortnya ga sebesar jadi arsitek..namun dua2nya punya kepuasan sendiri2 mba..beruntung saya pernah menjalani dua2nya. Dua-duanya sama2 butuh kreativitas. Tapi dengan kondisi anak masih kecil-kecil, enakan jualan baju mba* :mrgreen::mrgreen:

Pertama liat Zizara, scr pribadi ngerasa beda feelnya#baru ketauan skrg😄apa background pendidikan mba Fithri sebelumnya pny andil dlm proses kreatif mba yg skrg?
sangat mba…jadi lebih tahu masalah komposisi warna..padu padan motif dan polos dsb

Someday apakah tidak ada keinginan utk balik ngarsitek lagi?
masih mba..minimal desain rumah sendiri ya..pengennya sih buat perumahan yaa..tapi balik lagi krn tugas utama masih jadi ibu..gak mau terlalu banyak ambil peran mba..kasian kalau ibunya terlalu sibuk

😀 wah zizara ikutan muffest ( muslima faahion festival) nggak nih?😍
Biasanya reseller mba yg ikut
Kami support aja.Jarang Zizara pusat ikut bazaar mba..krn effortnya lumayan

Berencana bikin bridal gak mbak?
Belum kepikir mbaa :mrgreen:

Mb fith ada diskon ga di toko nyaAda mbaa…selalu ada diskon
Baju2 yg rijek atau gagal produksi diskonnya bisa 30-50%
Biasanya juga rijeknya ga parah…krn cacat bahan dr pabriknya
Tapi kalau jualan online kan harus sempurna jadi ga bisa dijual online..tadinya numpuk digudang
Tp krn ada toko..akhirnya pada keluar satu persatu..alhamdulillah :mrgreen:

Tokonya dimana ya tadi?blm diksh bintang keburu kelelep😆
Jl. Hm usman no 100 ruko no1 lkukisan beji depok

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s