Kinestetik Vs Hiperaktif

14 Agustus 2015

Moderator          :  zuhay 😊

Tema                     :  “Kinestetik Vs Hiperaktif”

Narasumber       : Ani Khairani

Resume               : Silvia Rahayu

 

Biodata Narasumber

Ani Khairani

Lahir dibogor 24 okt 81

Tinggal : Cimanggis Depok

 

Pekerjaan:

❤istri EMILIO BISANTO

❤Bunda dari 2 putra (FATHAN, KHALIFAH)  dan 3 putri (QAULAN, ZIYADA, ARFA),

❤psikolog dan dosen,

❤owner biro konsultan psikologi pendidikan UNIK.EDU+,

❤py lapak online carikado.

 

Pendidikan.

🎒 smu 1 bogor lulus 2000

🎒 fak psi UI Lulus 2004

🎒 pascasarjana profesi psikolog F.Psi UI lulus 2006

🎒 on progress Program doctoral pendidikan islam UIKA bogor, smg lulus tahun ini😅

 

Hobby:

💮 Travelling

💮 Handmade, homemade… apa pun yg bisa di buat pake tngn dan pake ide.

💮 baca.

 

Fb : ani khairani

Tweeter : @AnkhairAn

E-mail : ankhaira@gmail.com

Hp. 085319488852

Bbm 53f40ace

 

Opening

Keaktifan anak seringkali disalahartikan. Anak yang tidak bisa diam, sulit diatur, nakal, suka membuat onar, serta keaktifan lainnya yang luar biasa. Selalu bergerak tidak bisa diam tanpa mengenal lelah membuat orang tua capek, mengeluh, bahkan jika keaktifan anaknya melebihi keaktifan anak anak lainnya, biasanya tampa sadar orang tua langsung menganggap dn melabeli anaknya sebagai hiperaktif. Apakah semudah itu melabeli anak sebagai anak hiperaktif? Bisa jadi,dia hanya anak yang superaktif yang “normal”.

Apakah bisa dibedakan antara anak superaktif dengam hiperaktif?

Bagaimanakah untuk memudahkan orang tua dalam mengenali ciri-ciri/gejala dari anak hiperaktif?

Sebagai orang tua apa yang harus dilakukan dalam mengatasi anak yang hiperaktif atau superaktif serta menjadikan keunikannya sebagai kelebihannya?

 

Ani Khairani

Superaktif ndak istilahnya sbnrnya.Yg sy kenal iatilahnya sebutan bedanya kinestetik dan hiperaktif

Kinestetik vs hiperaktif.

 

Jadi seperti apakah perbedaan keduanya?

Sblm jd hiperaktif ada tahapan yg jd syarat disebut hiperaktif

  1. Attention defisit Biasa dsbt add Keterbatasan perhatian
  2. gangguan konsentrasi
  3. Impulsif yg agresif, tdk.bs menunda keinginan baik itu mll fisil.maupun verbal.

Klo kinestetik faktor yg paling mnonjol hy keaktifan fisik..

 

Kinestetik dan hiperaktif

Secara umum dua istilah ini berbeda.

🏇Kinestetik adl salah satu gaya belajar, atau kecenderungan ssorg yg paling mnonjol tt bagaimana ia menerima informasi sehingga dpt trsimpan scr efektif. Cirinya ia harus terlibat lgs dlm belajar memanfaatkan keseluruhan gerak tubuh dan emosinya. Hal ini dimiliki semua org hy dia dominan muncul atau tidak.

💭Hiperaktif atau lengkapnya ADHD adalah salah satu gangguan psikologis yg berkenaan pd proses pmbelajaran ssrg. Shg individu yg mengalami ini disebut dg anak dg kbutuhan khusus.

💕Persamaan dr kedua hal td adalah adanya aktivitas tinggi secara fisik yg dibutuhkan untuk 2 macam kondisi td.

Disayangkan, pd saat ini setiap anak yg aktif scr fisik lgs dilabel hiperaktif. Pd hal untuk mnjd hiperaktif hrs ada prasyarat tersendiri.

Bdsrkan panduan DSM-IV untuk disebut gangguan ADHD hrs memiliki ciri:

  1. Adanya keterbatasan perhatian
  2. Adanya gangguan konsentrasi
  3. Adanya impulsif agresif
  4. Hr muncul konsisten minimal dlm waktu 6 bulan brturut.
  5. Anak memiliki IQ min rata-rata

 

Jika minimal 1/2 dari 15 poin ini terisi sering maka dpt dikatakan individu itu memiliki gejala ADHD. Cat: ⛔Mhn gbr tsb tdk di share diluar grup tanpa penjelasan ahli.

Tapi tabel itu tdk cukup untuk menegakkan diagnosa, hrs diikuti dg pemeriksaan menyeluruh melalui psikotes scr individual untuk memastikannya.

Anak ADHD pastilah berciri salah satunya gaya belajarnya yg kinestetik. Tp tdk selalu anak yg kinestetik adl ADHD.

☀Penanganan

✔Untuk memperbaiki gangguan konsentrasi dan keterbatasan perhatian hrs diberi terapi konsentrasi.

✔untuk memfasilitasi kebutuhannya yg besar terhadap gerak fisik maka hrs dipenuhi dg aktivitas fisik yg rutin yg serous dijalani.

✔terua beri penjelasan kenapa seorg anak hrs mengendalikan keinginannya dan latihlah

✔Gunakan penguatan reward dan punishment untuk mengurangi perilaku.

✔perhatikan asupan makanan, kurangi karbohidrat dan gula. Apalagi makanan2 yg mngandung pengawet, msg dan pewarna.

✔nikmati hidup dg setiap kondisi ini dg menambah terus kesabaran orgtua untuk menghadapi anak2 seperti ini.

 

Pertanyaan

Terkait Anak pertama,dulu sikapnya seperti ini:

1.susah ban gun pagi

2.manjat terus

3.setiap dikursi keletikan(usrek)

4.g bisa duduk diam 5 menit

  1. Kalau marah mukul atau lempar

Menurut psikolog kinestetik aktif

Dan dikatakan jika terus terhanyut,bisa dominan ADHD

Apakah ini benar?

Umur 5 tahun

 

Jawaban

Adhd akan berasa sekali jd gangguan klo sdh masuk sekolah

Gangguan perhatian dan konsentrasi yg akan domin muncul

Dominan

Coba mulai dicicil terapi, spy berkurang..

Aktifitas fisik dibuat rutin.

 

Tanggapan

Saya disarankan aktivitas fisik

Untuk menguras energi yang meledak2

Akhirnya kami pilih panahan untuk melatih fokus

Renang untuk memuaskan geraknya

Drumband juga

Apakah dengan aktivitas fisik begini Anak kinestetik g akan kelelahan?

Jawaban

Iya udah oke, yg hrs dikejar, jdkan serius bkn hanya main2  spy energi tersalurkan.

Tidak. Cadangan energi.mreka banyaak.. mangkya hrs dikeluarkan

 

Tanggapan

Yang saya perhatikan,daya tangkapnya sebenarnya bagus

Meski nampak g serius,sambil uprek2 kesana kemari,hafalan surah bisa diulang,bagus malah

Memang demikiankah cara belajarnya?

Suka senewen ngajarinya😣

Jawaban

Iya.. gaya belajarnya pasti kinestetik dg keterliban lgs slrh anggota gerak, u.tuk belajar dia hrs praktek lgs dan justeru antimainstream, ndak bs duduk diam. Belajar ba sambil tidur2an, lari2an.

Ketika SD, hrs direview lg.. yg jd penting adl pembiasaan akhlaq yg baik, impulsifnya hrs di kurangi, main pukul misalnya. Arahkan spy bs menyalurkan emosinya mll verbal bkn fisik, dia hrs bisa menjelaskan perasaan hatinya mll lisan. Itu hrs dilatih dan dibiasakan. Jgn lupa untuk kita hrs full kesabaran mnjelaskan ini dan itu

 

Pertanyaan

Anak saya usia 3 th belum lancar bicara. Kalaupun bicara hanya 2 suku kata terakhir dan ketika diminta bicarakan apa yg dia mau kayaknya berfikir keraaas sekali. Anaknya relatif tidak bisa diam. Suka sekali lompat2an, lari ke sana kemari, Kalau main pakai bahasanya sendiri yg tidak jelas. Atau biasa orang bilang bahasa planet. Pada dasarnya anaknya ceria sekali, tapi klo terganggu sedikit langsung dorong atau pukul.

alhamdulillah. Kalai instruksi dia mengerti

Dan alhamdulillah bbrp bulan terakhir anak saya mulai mengikuti kata2 yg ummi dan attanya ucapkan

 

Jawaban

Maksimal gangguan bahasa itu 4 tahun hrs sdh bs lancar dan jelas, dilatih terus saja. Klo sampai maksimal 6 tahun blm lcar jg ada gejala yg lbh serius brarti dan kendala kerusakan otak.

Baiknya dipsikotes jg shg bs dilihat apa yg terbatas dr si anak.

 

Tanggapan

Dr diskusi dg bbrp teman yg punya masalah yg sama, salah satu cara yg bisa dilakukan yaitu perbanyak sosialisasi dg teman sebayanya. Akhirnya selasa besok kami mulai coba masukkan ke leadership school agar anak sy banyak interaksi dg teman2nya. Tapi kok sekolahnya dari jam  smapai jam 4 sore. Umminya yg kayak gak rela. Ngerasa sedih 😔

Jawaban

Bunda2… untuk menumbuhkan dan menghilangkan prilaku lakukan dg cara

MEMBIASAKAN scr konsisten. Kemudian

DIKUATKAN dg reinforcement positif (reward) dan negatif (punishment) setiap perilaku itu muncul.

Dan ini ISTIQOMAH mjadi respon  yg sm anatara kedua orgtua.

Dilengkapi dg

PENJELASAN kenapa boleh dan tidak boleh.

 

yg penting. Perilaku kita bs menular pd anak ya moms.. maka KETELADANAN adl penting.

Anak 3 tahun baiknya kita yg menangani lgs…

Nanti aja ketika saatnya di sd baru di arahkan kesekolah yg sesuai

Sosialisasi bisa didapatkan dimanapun asal ortunya mengajaknya keluar rmh..

 

Tanggapan

Iya… saya juga merasa tidak rela masa emasnya dihabiskan dg guru2nya. Untuk metode penanganan yg tepat baiknya saya konsultasikan dulu k psikolog atau bgmn ya bu?

Jawaban

🔆Ajarkan bicara dan latih kemampuan lisannya terus.

🔆 bbrp tips yg sdh sy sampaikan diupayakan dijalani

🔆 gak usah terpengaruh pada komentar org lain yg malah mbuat putus asa

🔆klo sy tangkap , gejalanya bkn autis.

Fyi, autis memiliki gejala hipertif

Jd klo dibuat garis lurus dr normal ke.yg oling serius gangguannya adl sbg brikut.

Kinestetik➡ Add➡ ADHD➡autisme

 

Tanggapan (Mba ervin)

Pengalamansaya

Saya memiliki backgroun,Baru bicara 2 tahun 6 bulan

Karena saya khawatir menurun pada Anak,setiap pergi kemana saya selalu nyanyikan lagu,mulai Dari balonku atau lainnya sampai “berbusa”

Ceritakan cerita apa saja

Ajak bicara,meski sebenarnya belum bisa jawab

Mas Mau kemana?ke Ragunan?

Coma hoho

Saya jawab “oh g Mau”

Nanti dia geleng2 sambil bilang “agunan”

 

Alhamdulillah ada hasilnya,g sampai 2  tahun sudah bicara meski cadel2nga jelas

Sekarang sudah bicara lancar diusia 5 tahun

 

Tipsnya satu

Kalau Anak mulai bicara salah,jangan dikoreksi langsung

“Mama tiup ririnnya”

Oh ya mama tiup lilinya ya

 

Saya yakin sebenarnya Anak bermaksud berkata lilin,tapi somehow sesuatu dalam tubuhnya membuatnya berkata ririn

 

Saya juga berpikir kalau disekolahkan,daycare Anak akan bertambah kosa katanya,ternyata enggak,malah mogok jadinya

Setiap Mau masuk gedung daycare,pegangan dipintu pagar

 

Demikian pengalaman saya,semoga berguna

 

Pertanyaan

Sebenarnya anak bisa bicara dikatakan normal sampai batas usia berapa bunda Ani?

Jawaban

Iya bun masih normal, sampai 3 thn.

Maksimal 3 th bun, lewat itu blm lancar ada delay brarti..

Kemampuan anak beda2 tgt stimulasi dan kondisi yg ada, tmsk apa ada keterbatasan dan gangguan yg dialami.

Bagus jika dibawah 2,6 tahun.

Bicara lancar ya minimal 2 sd 3 kata.

 

Tanggapan

Batasan awalnya 2-3 kata.

Oia bunda ani dari cerita bunda ervin. Apakah kemampuan awal bicara dari orang tua khususnya ibu menurun ke anak. Misal td ibunya waktu kecil baru bicara umur 3tahun, nah apakah pasti anaknya jg mengalami seperti itu? Itu tidak pasti kan? Tergantung dri stimulus yg diberikan?

Jawaban

Ada gangguan klo ada kerusakan bagian otak, apakah anak kurang oksigen semasa janin or bayi, atau jatuh dan kena bagian otak bahasanya.

Terlambat bisa jadi krn kurang stimulasi.

Keturunan hy bagian kecil saja dari teori. Lbh utamanya penularan. Semasa janin sdh banyak diajak ngimong gak.. klo ibu or bapaknya pendiam dan kurang stimulasi semasa sianak didalam perut bisa jd penyebab anak delay bhsa.

Bahasa anak itu bertahap ya.. gak lgsung kata.

Ada babling,

Ada cooing,

Trus huruf blakangnya aja

Trus 1 kata full

Trus 2 kata

Trus 3 kata

Baru kalimat

Sy rada lupa thpnya babling apa cooing dulu… pengulangan mamamamama.. papapapa.. dadadadada

Salah satu diantaranya..

15 Agt 08:49 – ‪+62 853-1948-8852: Ity bgian cara dia mengenal kata

closing statetment  Mba Ani Khairani

Anak2 dg aktifitas tinggi, bkn krn keinginan dia menyusahkan kita, tp memang kebutuhannya yg besar untuk itu. Jd fasilitasi dg aktifitas yg sesuai untuknya, dan optimalkan yg memang dia punya..

Perilaku adalah bagian dari penularan dari org2 terdekat dr anak,  gmpang panik, meledak2, bawel atau pendiam.adl bwntuk pemblajaran anak thd respon sekelilingnya.. berilah pembwlajaran yg baik, shg anak pun menyerap banyak kebaikan bkn sebaliknya😉

Closing Zuhay  Zuhay

Keceriaan orang tua ada pada kecerian dan keaktifan anak. Sebagai orang tua ataupun orang lain jangan lah cepat mencap anak sebagai hiperaktif hanya karena melihat keaktifannya yang luar biasa dibandingkan dengan teman lainnya.

Perlu adanya pengamatan dan tindakan lebih lanjut utk memastikan anak hiperaktif.

Yukk moms ttp bersabar atas keaktifan anak-anak 😊

 

Saya Zuhay selaku momod pagi hari ini mohon maaf atas segala bahasa yg tdk berkenan 🙏.

Terima Kasih kepada Bunda Ani atas sharingnya dan bunda2 semua.

Dengan ini saya mohon undur diri.

Ani Khairani : Mhn maaf apabila ada kesalahan dr saya.. Terimakasih semua, smg Allah swt memudahkan kita semua mendidik dan merawat anak2, shg kelak dia menjadi sebaik2nya manusia… semoga bermanfaat.

Saya undur diri juga.. assalamu’alaikumwrw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s