Kapan Anak Siap Masuk Sekolah?

10 Agustus 2015

Nara Sumber         : Nia Krisna Dewayuti. M.Psi., Psikolog. Lulusan magister profesi psikologi klinis anak Universtas Indonesia Kegiatan: praktek di klinik kharinta bintaro, adam khoo singapore learning center for kids bsd. Juga sebagai pengisi artikel psikologi keluarga di MedicTrust Website

Moderator              : shendy alberta..

Tema                         : Kapan Anak Siap Masuk Sekolah?

Resume                      : Silvia Rahayu

 

Dari kira2 kalau dari kacamata psikolog, ada berapa faktor yg menjadi tanda bahwa anak sudah siap sekolah ?
Siap PAUD, atau siap TK. Atau TK saja tanpa PAUD

Pertama2 ortu nih yg harus siap2 unk anaknya jauh2 waktunya moms
Coba ltihan bersama anak main sekolah2 han. Jd anak ada bayangan ttg apa itu sekolah secara konkrit moms
Ortu (trutama mamanya) siapkan kemandirian pd anak ajarkan sejak dini. Misalnya: ajarkan hal2 mengurus diri secara mandiri ya moms.
Sy berikan info2 persiapan kesiapan anak agar siap sekolah sejak awal ya mons
Melihat anak siap/tdk siap masuk sekolah. Faktor perkembangan emosional anak yg utama. Apa anak benar2 memang i gin ke sekolah atau ortu yg ingin anaknya sekolah??
Naaah….moms mmpung anak2 msh pd kecil nih. Coba dari sekarang stimulasi belajar sekolah2 han yg menyenangkan dibuat di rumah bersama anak agar anak cinta sekolah dan muncul dari dirinya sendiri. Bukan keinginan ortu…ada pertanyaan??
Pertanyaan

  1. Saya pernah membaca salah satu artikel yang membahas bahwa anak yang masuk sekolah dasar terlalu dini cenderung akan bermasalah dikemudian hari di smp atau di sma, apakah artikel seperti ini valid?
  2. Jika salah satu ukuran anak masuk sekolah dasar dilihat dari kematangan emosionalnya, apakah ukurannya seorang anak dikatakan sudah matang secara emosional untuk memasuki sekolah dasar
  3. Anak saya tahun depan akan masuk sd di usia 5,5 tahun tapi sekolah yang akan di masuki memiliki syarat anak harus berusia minimal berumur 5,10 bolehkah saya meminta semacam surat keterangan dari psikolog untuk menerangkan bahwa anak saya sudah memenuhi kematangan emosionalnya untuk masuk ke sekolah tersebut, setelah sebelumnya saya melakukan pemeriksaan psikologinya mbak

Jawaban

Masing2 anak itu beda kemampuannya. Ada yg survive dan ada yg mèmng mengalami masalah jika masuk SD terlalu dini. Baiknya memang periksakan psikologis anak keseluruhan dgn psikolog klinis anak
Secara emosional matang bila anak dpt ditinggal sen diri di sekolah tanpa hrs ditemani ortu. Tdk tantrum (sedikitnya bisa mengelola emosi positif di perk usianya). Senang ke sekolah tanpa di suruh. Mandiri melakukan hal2 yg sesuai usianya. Dapat berteman dan beradaptasi dgn hal2 dan orang2 baru dll….
Kemampuan2 diatas pd anak gak muncul instan. Perlu sdikit2 bertahap perkembangannya moms
Anak sy yg pertama masuk SD usia 5 thn.
Ini unk contoh ya
Adiknya juga sekolah usia 5 tahun. Anak yg ke 2
Tp ternyata hasilnya beda moms
Nah, bisa/tdnya sbwnarnya ini bisa kita deteksi juga sejak dini moms
Sebaiknya memang ada surat pemeriksaan psikologi dari psikolog unk kesiapan sekolah agar sekolah lebih percaya
Bedanya :

Yg pertama siap kognitif dan emosional. Tanda2nya juga terlihat sblm masuk sekolah. Dia menolak masuk TK dgn alasan pelajarannya mudah. Mintanya masuk SD. Dan dia sudah mandiri sejak kecil. Emosionalnya juga gak suka ngambeg
Yg ke 2 faktor ikutan dgn sang kakak. Secara kognitif siap namun emosional msh mood2an. Mengerjakam tugas hanya yg disukainya sajam kalau sdh main gak bisa di stop pdhal waktu belajar sdh mulai.
Nah sejak kecil itu terlihat. Nah saat sekolah bangunnya susah. Sedangkam sang kakak kalau sekolah bangun sendiri. Kakak setiap sekolah semangaaat. Sampai sekarang semangat  sekolah gak berubah
Pertanyaan

Anak saya usianya 4 thn 2 bulan. Belum saya sekolahkan ke manapun. In sya Allah rencana tahun ddepan mau saya masukkan TK/RA. Tapi pernah ikut2an les gambar beberapa bulan (karena keinginannya dan anak saya suka gambar) seminggu 1x tapi skarang sudah berhenti. Jika dilihat ketika les menggambar secara emosional dia sudah berani sendiri, tidak perlu ditunggu lagi hanya masih banyak terpengaruh temannya yang suka iseng (jadi brantem terus) 😁. Secara kognitif saya sudah sering menstimulasi jadi anak saya suka belajar. Namun untuk kemandirian sepertinya anak saya masih blum terlalu mandiri kadang seperti belum percaya diri. Contohnya : habis pup atau bak mau pakai celana harus dibantu dibalikkan dulu celananya, padahal dia sudah bisa. Atau makan dia sudah bisa sendiri tapi belum pd. BagAimana menurut mbak nia?
Jawaban
Jadi mommy itu kunci utamanya 10 : sabar. Sabaar sabaaar. Sabaaar. Sabaaaar danlll sabaaaar 😍😛🙌
latoh biarkan anak melakukannya sendiri meskipun salah. namun jangan dibilang salah mom astri
Mungkin krn tahu mama astri/mbak akan membantunya makanya anak menunggu dipakaikan. Jd anak sdh tahu aaah nanti juga mama/mbak yg pake’in
Coba biarkan dulu hsilnya apapun. Benerrrr ini suatu pembelajaran Kepercayaan diri sejak usia dini mom astri
Apa sdh pernah diberi motivasi di puji. Waah mama mau lihat nih cara kakak pakai. Atau kalau ada mainannya. Bilang waah ini robotnya mau lihat kkak pakai sendiri loooh….kalau anak udh bisa pakai walau msh blom ok. Kasih hadiah mom astri
Unk melatih kemandirian/ketrampilan anak. Lakukan satu2 ya moms. Jgn sekaligus biar anak gak bingung krn keterbatasan perkembangan otaknya mmanh blom sempurna. Unk pakai celana coba mom astri bantu pertahap. Misanya: hari senin bantu masukkan 2 kaki ke bolongannya. Yg naikkan anak. Bbrp hari lagi bantu masukkan 1 kaki aja ke bolongannya. Sampai tahap anak pakai sendiri deeech mom astri.. gimana???

Mom astri gak selamanya kasih hadiah berupa barang. Bisa hadiah peluk atau cium kaan….
Atau dikumpulkan poin2 hadiahnya baru deh tukar dgn sesuatu kalau udh terkumpul poin stiker 5 agau 10 misalnha
Pada dasarnya anaknya sepertinya g pede gitu lhoo. Hehe… Atau “males” mungkin
Usia 4thn msh gak papa mom astri jika blom PD. Yuk bantu kasih kepercayaan pd anak kalau dia bisa melakukannya namun tetap ortu mendampingi sambil bantu2 dikit aja yaah….
Pertanyaan

  1. similar condition dgn mbak nia,anak sy 2,5 thn dan rencananya mau dimasukin ke PAUD by 3thn,dgn kondisi blm bisa dikatakan mandiri (e.g. makan msh disuapin) Ada efeknya gak sih klo untuk mengajari kemandirian nanti saja,toh jg pada akhirnya akan mandiri dgn sendirinya?
  2. Umur brp anak siap masuk PAUD ya mbak nia?
  3. Di usia 3 thn ini,lebih baik diajarkan porsi agama yg lebih ketimbang akademis,ato bgmn ya? Kerna sy agak ngeri dgn kondisi skrg ini..dgn harapan anak sy menjadi pribadi yang kuat
    Menambahkan question no 1. Di sisi lain,ak liat daya tangkapnya cepat,kayak diajarin cepat nangkap

Jawaban
1. Sebaiknya mandiri ajarkan sejak anak usia 1 tahun/sdh bisa jalan itu udah bisa loooh moms. Yg simple2 aja…makan sendiri meskipun brantakan. Ajarkan taruh baju kotornya di ember namun kita harus kasih contoh konkrit ya mom dan anak mencontohnya. Kalau diajarkan sdh besar. Waaah repotnya kita sbg ibu tambah panjaaaannnggg. Mau yg mana repot do awal ngajarin apa sampai lama repotnya??

  1. Sbenarnya Sy psikolog yg gak gitu setuju sih anak sekolah2/Paud msh batita 😊😀
    Alasanya: pembelajaran dan guru yg terbaik tetap orang tua bukan orang lain. Lengkapi fasilitas belajar di rumah unk anak2 moms.

Sy buktikan sendiri unk anak2 sy. Keduanya sy yg memgajarkan membaca pdhal waktu itu sy ibu bekerja yg pulangnya jam 11 malam.

Anak sy gak ikut paud2 atau Kb2an. Hal ini syvlakukan krn sy baca buku psikologi perk anak2 moms. Sy oenelitian sendiri ke anak2 sendiri dulu sblm sy bagi ilmunya ke temans2
Baiknya. Saat usia dini anak2 berikan berbagai kegiatan2 stimulus unk mengeluarkan minat bakat secara optimal misal: olahraga dan seni.

  1. Setuju…agama keimanan hadus diajarkan sejak usia dini moms. Misalnya berdoa sblm tidur. Baca busmillah sblm mengerjakan sst. Hal2 yg simple saja unk anak seusianya

Krn kemampuan tiap tiap anak beda2. Sebaiknya memang sbkm masuk sekolah mereka di lihat psikologisnya secara menyeluruh. Krn kalau tdk siap akhirnya anak2 tdk nisa mengikuti pelajaran. Mogok sekolah. Ngambeg…atau yg simple tp bikin ortu stres…SULIT BANGUN PAGI
Pertanyaan

Utk jawaban mbak nia no1 dan cerita pengalaman mbak nia,kondisi ak adl working mother jg yg plgny jg mlm dan anak di rmh bersama asisten rmh tangga. Apakah baik jika yg melatih kemandirian itu ART, ada pengaruhnya gak ya dr segi bounding?

Jawaban

asal peraturan yg diterapkan di rumah oleh bunda ayah dan baby sitter harus sama dan kompak maka anak akan tahu sendiri dan tdk akan mencaribperlindungan/lebih dekat ke embaknya. Asal embak tdk memanjakan aelama bunda bekerja. Afuran naiknya di tulis di tembok avar si embak ingat terus
Pertanyaan

Dan gmn mba nia melatih membaca anak2nya sendiri as a working mother?
Jawaban

Saat anak2 sy msh bisa merangkang. Sy sdh taruh di bawah lantai dgn dialasi puzzle huruf2 tahu kan?
Nah saat sy ajak main anak. Si pengasuh sy suruh duduk samping biar dia melihat cara sy bermain dgn anak

Krn anak laki2. Sy gunakan mobil2an. Sy ajalnkan mobil2an diatas karpet puzzle. Bila mobil berhenti di huruf B. Maka sy bilang waah mobilnya berhenti di B. Tuuh dia B. Itu B….😊 ini cara belajar abjad dgn memgandalkan kemampuan visual anak sejak dini. Midah khaaan???
Jd gak pernah sifatnya masuk kamar duduk rapi lalu belajat….caranya bermain dan anak menirukan moms
Lama2 anak2 pd hafal huruf sendiri. Dan sy gak mengajarkan menulis dulu. Unk menulis mrk coray coret di tembok ruang bermain dan gak boleh di tembok lain. Kakau tembok bermain udh full gambarnya sy cat lagi

Ini juga belajar disiplin sejak dini

Waaah kalau udh besar baru kita ajarkan hmmm….lama’ moms perilaku udh terbentuknya lmaaaaa
Pertanyaan

Wahh gitu ya mbak nia..hmm dan utk kegiatan itu dilakukan di tiap hari ato weekend mengingat jam kantor mbak nia mlm? 😊

Jawaban

Sabtu minggu aja mom amel. Dan minggu pengasuh sy liburkan. Jd anak benar2 sama sy dan ayahnya saja tanpa pengasuh
2 hari cukup efektif mom amel. Namun konsekwen ferus menerus. Dan ini bisa dimanapun saat kita pergi. Lihat apapun tunjukkan huruf2. Hurufnya satu2 yaaa

Pertanyaan

Assalamualaikum mba nia, maaf mau bertanya. Anak saya perempuan umur 4,5th skr umurnya dah tk A. Anak sy ini dr umur 3th krg dah skolah paud. Dan kmrn2 smpet ogah2an skolah, tp sy masukan k tk yg bnyk mainnya dluar. Ahirnya skr semangat lg skolahnya. Nahh tdnya sih klo dia dah bs baca sy mau masukin anak SD, apa tlalu memaksakan ga ya? Soalny klo sy liat msh manja sm mama nya. Tp blajar, pk baju, mkn dll dah bisa sndiri. Mohon masukannya mba. Makasih
Jawaban

Mom Linda, Krn kemampuan tiap anak beda2. Sebaiknya memang sblm masuk sekolah anak di lihat psikologisnya secara menyeluruh. Krn kalau tdk siap akhirnya anak2 tdk bisa mengikuti pelajaran. Tugas tdk selesai. Mogok sekolah. Ngambeg…atau yg simple tp bikin ortu stres…SULIT BANGUN PAGI 😨
Baiknya. Mumpung mau masuk tahun ajaran 2016. Mom Linda sy sarankan tes psikologis anaknya. Biar tahu apa yg perlu disiapkan. Mmpung mah 1 tahun ke depan niiiih

Mom linda baiknya usia 4 thn ikutkan dgn kegiatan2 yg menyenangkan misalnya: renang. Gambar. Musik. Menari.
Pertanyaan

Mba shalihah,anak saya fathan (5) sudah mulai playgroup dan tk a sejak 3.5 tahun.atas keinginan sendiri.trs ternyata setahun sekolah,dia g nyaman dgn sekolahnya,dan akhirnya mogok sekolah.masalahnya ada di gurunya,smp skrg dia ga mau ketemu gurunya.nah udah clear kan ketauan ya.
Terus ternyata sampe skrg dia menutup diri dengan segala macam pembelajaran.kita manggil guru buat dia ngaji sm tmn2nya,dia ga mau sekalipun.pun juga ketika diajakin sekolah di tempat baru.
Akhirnya sy mutusin smp akhir tahun ini mau sy istirahatkan aja dulu.sambil pelan2 dipulihkan.apa langkah sy sdh tepat?
Dan sampai tahap mana mogok sekolah anak msh bs ditolerir?adakah batasan usia tertentu?awalnya sy selow aja.tapi lama2 horor jg..dia kan makin gede ya

Gurunya krg ramah,dan suka nguber2 dia knp ga sekolah.dia ga suka dicerewetin.ga sekolah ya ga sekolah aja gt,ga usah ditanya2 (gt kata anaknya..)
Trs pertanyaan kedua,sebenernya realistis ngga kita megang pendidikan anak setingkat tk dlm kondisi kita juga bekerja di luar rmh?apakah ada yg begitu?sy sampe agak frustasi.anaknya cuma mau belajar sm saya skrg..

Jawaban

Dont  worry mom heni. Msh usia 5 tahun. Dikenalkan pelan2 dgn sekolah yg menyenangkan. Krn adh swjak 3 thn dia sekolah. Nisa ada faktor bosan krn kegiatannya itu2 aja. Anak itu cepat bosan dgn sst yg monoton mom heni
Kalau mom sedang libur coba ajak main2 ke sekolah yg buka hari sabtu. Main2 aja biar shalihah melihat anak2 bergwmbira di swkolah
Krn anak pikir swmua sekolah sama. Swmua guri sama. Jd bawa ke swkolah main2 biar bisa mwlihat perbedaan secara konkrit
Artinya shaliha merasa tdk nyaman sekolah di tempat kemarin mom heni. Bayangkan dia harus datang tiap hari ke tempat yg tdk disukainya dan tdk nyaman
Mwngajarkan pelajaran setingkat Sd jika anaknya suka melakukan. Gak papa mom heni. Tp berikan tugas2 jgn kebanyakan ya
Sbenarnya mmang ortu lah guru yg terbaik unk anak mom heni. Di sekolah anak banyak belajar bagaimana menghadapi masalahm orang lainm situasi dan kondisi yg berbeda tiap hari
Bayangkan 1/2 guru mengajar 20/25/30/35 anak??
Berapa persen ilmu yg didapat anak dibanding 1 anak diajarkan oleh ortunya 😊
Baiknya cari sekolah yg cocok dgn anak. Bukan anak yg mengikuti abar cocok dgn sekolah. Mau brpa lama sang anak bertahan?
Closinng by Alberta Shendy:

Terimakasih Mba Nia, atas penjelasannya yang luar biasa. Kuncinya menjadi seorang Ibu adalah Sabar. Dan orang tua itu adalah guru terbaik untuk anak-anaknya. Melihat anak sudah siap masuk sekolah atau belum tidak bisa hanya dilihat dari umur, tapi juga keinginan anak yang mesti dipupuk orang tua sejak dini, sebelum usia masuk sekolah. Orang tua juga dituntut untuk kreatif dan memiliki waktu untuk menstimulus anak mengenai ‘Apa itu Sekolah ?’

Semoga diskusi ini bermanfaat ya mom ☺
Maaf jika saya ada salah kata. Saya sebagai moderator pamit undur diri.
Wassallammualaykum.. Wr. Wb 😌
10 Agt 22:14 – FIM UGM Alberta Shendy: Mba Nia, silahkan cloaing statemennya ☺😉
10 Agt 22:14 – FIM UGM Alberta Shendy: *closing
10 Agt 22:15 – ‪+62 852-1186-1868: Mba maaf td msh di jalan..mau menepi takut dibegal😣
10 Agt 22:16 – ‪+62 852-1186-1868: Untuk smentara cukup mbak nia krn sdh larut..makasih banyak ya mba shalihah.boleh ya bsk lanjut japri?😶
10 Agt 22:40 – FIM UI Uni Rolla Apnoza: Baiklah ibu2.. alhamdulillah diskusi kita bersama narasumber sudah selesai..

Terimakasih pada kak nia telah meluangkan waktunya utn menjadi narasumber.

Terimakasih unt shendy sbg moderator

Terimakasih ibu2 atas partisipasinya.

Seperti diskusi seblumnya.. akan diberikan waktu 1×24 jam untuk berdiskusi dengan narasumber tanpa moderator. Kak nia akan menjawab pertanyaan tambahan sesuai dengan keluasan waktu yang ia miliki. Di buka juga diskusi bersama jika ada yg mau share pengalaman pribadi.
Baiklaah.. selamat malam dan selamat beristirahat

Sabar dan Luangkan waktu rutin unk jd guru terbaik unk anak2. Krn Ilmu yg terbaik di dapat di rumah oleh Kedua Ortunya. Sememg kan kalau jadi Tokoh Fav anak sendiri Mims cantik
Diskusi Tambahan 11 Agustus 2015

Pertanyaan

assalamualaikuuum wr wb, waahhh baguuus diskusinyaaa! mbak nia saya boleh tanya? adik saya saat ini umur 3,5 tahun, karena semua orang di rumah bekerja jd dia sehari2 ditinggal bersama ART akhirnya orgtua saya memutuskan utk menyekolahkan di PAUD sejak umur 2 tahun karena agar lebih terarah dan bermain bersama tmn2nya tidak dengan ART yang mungkin di rumah hanya nntn TV. saat ini adik saya sudah TK dan kegiatan sehari2 pagi diisi dengan sekolah TK, jam 3 les bimba aiueo dan jam 5 mengaji di mesjid. yang mau saya tanyakan, apakah anak umur 3,5 tahun jika diberi kegiatan seperti itu terlalu berat atau bagaimana? mohon tanggapannya. Terima kasih mom nia ibu hebaaatt 😍
Jawaban

Wassalams wbr mbak Indah. Apa pernah ada yg menanyakan pd adik gima kesan2nya aktifitas di Paud/tk/tempat les nya? Mau tahu apa di happy atau gak suka atau bosan…?? Sebaiknya selingi dgn aktifitas masa anak2 bermain misalnya: ikut aktifitas olahraga bola renang atau lainnya. Atau musik. Tanyakan dari semua aktifitasnya mana yg paling dia suka dan mana yg dia gak suka atau bosan?
Selama anak enjoy dan suka menjlankannya gak papa mbak indah. Tp pastinya ada saat2 dia gak mood atau bosan seperti kita yg sdh dewasa. Jd berikan waktu liburnya yaitu bermain
Melalui bermain semua hal bisa diajarkan pd anak2 💪 selamat beraktofotas wanita2 yg hebat. Never give up!
Pertanyaan
Assalamualaikum mba nia,,kenalin saya dias,,mw ikutan nanya juga boleh yaa…udah ditanya blm ya diatas,,tapi saya pengen bener2 nanya,,dalam.memilih sekolah apakah kita perlu memikirkan sekolah apa yg cocok buat anak?bagaimana cara melihatnya anak itu cocok dengan sekolah tersebut ? atau tetep pilihan pertama dri orang tua dulu,,bahwa sekolah ini bagus,ada ini ada itu tanpa diimbangi dengan kecocokan si anak,,khawatir misalnya hanya ikut2an dengan lingkungan tetangga yg banyak sekolah di sekolah A dan infonya disekolah tersebut bagus misalnya,,mohon masukannya mba,terima.kasih
Saya ada cerita, ini adalah pengalaman anak2 dr kakak saya dan sepupu.
1.kk saya yg pertama, setelah anaknya Tk, usia belum mencukupi sehingga tidak masuk dlm sd negeri di Jakarta, bahkan sekarang sd Jakarta min usia 6,8 th sd 7 th + surat ket imunisasi, tapi 6th yg lalu ket imunisasi belum disertakan tidak apa2, karna belum mencukupi usia standar sd Jakarta akhirnya masuk swasta al azhar dengan jadwal pelajaran yg padat sampai pulang sekolah jam 5 sore, hampir setiap hari, belum lg tambahan les dengan lembaga lain+les berenang, akibatnya kesehatan menurun prestasi biasa jg, walau ada anak2 yg lain prestasi meningkat dengan pola belajar yg sama, akhirnya di tahun depan segala les di berhentikan hanya les english saja dan les bantu pelajaran sekolah..dan hasilnya prestasi lumayan meningkat, sekarang anak tersebut masuk ke smp al azhar oleh pemerintah sudah dinegerikan, yg setaraf international, itu kemauan dari anak sendiri, dimana sekolah tersebut disiplin sangat ketat jika 3 kali berturut2 terlambat hafalan 3 juz Al quran, karna minat anak itu sendiri, anak itu sangat semangat bersekolah.
2. Cerita ke2, anak dr kk saya ke2, setelah tk selesai akan masuk ke sd dengan kasus yg sama yaitu faktor usia ketika mau mendaftar Sd negeri wilayah bekasi syarat yg sama 7 th, akhirnya bingung karna belum cukup umur sang anak setelah tk akhirnya delay dulu setahun agar bisa cukup umur 7 th, namun selama delay setahun anak tersebut hanya ikut kumon dan tpa saja, akhirnya setahun kemudian baru bisa daftar sd negeri di wilayah bekasi, anak tersebut sangat semangat sekali untuk sekolah lg di tingkat sd.alhamdulillah sekarang sekolahnya lancar seperti anak yg lainnya.
3. Kasus 3, anak sepupu dan sekarang anak tersebut sudah dibangku kuliah, ternyata ibunya bercerita betapa dia menjadi anak yg difficult ketika masuk tk dan sd, sebelum tk anak tersebut tpa kemudia tk a dan tk b, lalu masuk sekolah sdit, kelas 1 masih nyaman sekolah dan masalah timbul dikelas 2 dan 3, sang anak sudah mulai jenuh dan slalu mengeluh kepala sering pusing, sampai tidak minat dengan pelajaran, akhirnya sang ibu di kelas 3 memindahkan ke sd yg biasa..alhamdulillah sekolahnya lancar sampai kuliah
semua yg saya sampaikan hanya just info saja buat ibu2..ternyata semua tergantung minat anak dan kekuatan anak baik fisik dan jasmani..semoga bisa menjadi pandangan kita semua sebagai ortu
Keponakan sy jg, waktu TK di TKIT, dg hapalan dan jadwal yg padat, berangkat pagi pulang jam 1siang, anak pulang2 sudah capek. Kasian… Akhirnya waktu SD masuj di SD negeri, jam 10 pagi dah pulang, seusai pulang msh bs belajar sm ibunya, dan ada waktu bermain dg teman2. Anaknya suka sekali…
Jawaban

Wasaalams Mbak Dias. Selamat sore semua moms cantik. Unk pemilihan sekolah cadi sekolah yg sesuai dgn kemampuan dan cocok dgn kondisi anak. Bukan anak yg harus mengikuti apa yg ada d sekolah yg dipilihnya. Sebaiknya saat pemilihan sekolah anak diajak ke sekolahnya. Nah, saat anak ikut ortu lakukan observasi perilaku dan respon anak thd sekolah yg dikunjungi yg menjadi pemilihan. Dafi situ ortu bisa lihat respon anak dafi masing2 sekolah yg di datangi pasti beda2 👐
Pertanyaan

Kematangan anak berbeda2. Krn si kakak diumur yg lebih muda dgn si adik… sudah siap masuk sdit… ikut tes psikologi juga..
Mbak nia apakah tes psikologi yg dilakukan saat itu jg jadi pengukur yg efektif, let’s say si anak skrg ogah2an ke sekolah jadilah hasil tes psikolognya jelek,namun seminggu kemudian si anak jd semangat bgt pgn sekolah.
2. Bentuk tes psikolog yg dmaksud itu kyk gmn y?
Makasih mb nia😘

Jawaban

Psikologis tes pd anak yg dilakukan oleh psikokog klinis Anak tdk hanya berdasarkan hasil test saja moms. Ada faktor2 lain yg akan menentukAn dan mempengaruhi dan bukandari tes saja. Nantinya akan terlihat kok moms. Dari hasil observasi thd anaknya

 

Advertisements

One thought on “Kapan Anak Siap Masuk Sekolah?

  1. Diana says:

    Assalamu’alaikum mbak nia,,kenalkan saya diana.mama dari 2 anak(5th 4 bulan dan 3th 4 bulan).
    Mau ikut tanya mbak nia,,,ini saya lagi bingung mbak nia,,saya adalah working mom,pulang jam 14.30
    sekarang denger2 aturan masuk SD khan 7th y,,,,dulu kakak mulai PAUD usia 3th 4 bulan,kakak sekarang posisi TK B,jd nanti waktu dia naik SD usianya 6th 4 bulan.berdasarkan pengalaman ini,akhirnya si adek rencana saya masukkan PAUD tahun depan,,,dg pertimbangan usia n minatnya sekolah adek belum muncul.selama ini kakak n adek saya titipkan di pengasuh rumahan.
    Yang membuat saya bingung mbak nisa,,,untuk tahun depan ini sebaiknya saya masukkan kemana y kedua anak saya?bingung antara kakak masuk ke SDIT pulang jam 2,adek PAUDIT pulang jam 2 (PAUD sampek jam 10,,habis itu k TPA)atau saya masukkan ke sekolah biasa?artinya adek PAUD pulang jam 10 habis itu saya titipkan k pengasuh rumahan begitu juga kakak masuk SD biasa yg pulang jam 11n saat ada les pulang jam 1 habis itu saya titipkan k pengasuh rumahan??mohon pencerahannya mbak nia

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s